GadgetSquad.id – Sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H (4 April 2024 – 14 April 2024) tecatat terjadi peningkatan trafik di jaringan XL Axiata. Berdasarkan data dari Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 16% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.
Jaringan XL Axiata Dipastikan Aman Sepanjang Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (2)
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini.  Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan.”
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan yang diakses oleh pengguna XL Axiata didominasi oleh akses terhadap layanan :
  • streaming yang mencapai 59%
  • web browsing sebesar 18%
  • social media 15%.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis game mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%. Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%.
Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21%
3. Provinsi Lampung, 19%
4. Provinsi Sumatera Barat, 17%
5. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, 16%
6. Provinsi Jawa Timur, 15%
7. Provinsi Sumatera Utara, 14%
8. Provinsi Sumatera Selatan, 13%
9. Provinsi Jawa Barat, 13%
10. Provinsi Kalimantan Selatan, 7%
 Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:
1. Kab. Kebumen,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%
2. Kab. Cilacap,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58%
3. Kab. Pemalang,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53%
4. Kab. Tasikmalaya,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52%
5. Kab. Brebes,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50%
6. Kab. Tegal,  Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 48%
7. Kab. Pandeglang,  Provinsi Banten, naik sebesar 47%
8. Kab. Indramayu,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 39%
9. Kab. Sukabumi,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 37%
10. Kab. Garut,  Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 36%
Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7%. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%.
Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relative stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik. Sedangkan untuk layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:
1. Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%
2. Layanan Netflix, meningkat sebesar 18%
3. Layanan Tiktok, meningkat sebesar 10%
4. Layanan Vidio, meningkat sebesar 8%
5. Layanan Youtube, meningkat sebesar 7%
Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan XL Axiata dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal.
Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.