Bocoran iPhone 13 Pro Max Bakal Dipasang Lensa Baru, Cek Tanggal Rilisnya

GadgetSquad.id – Dalam catatan kepada investor, analis terkenal Ming-Chi Kuo telah mengungkapkan bahwa iPhone 13 Pro Max akan memiliki kamera utama yang berbeda dibanding model iPhone 13 lainnya. Model tertinggi itu akan menggunakan lensa f/ 1.5 yang sedikit lebih terang di atas sensor utamanya.

Sedangkan iPhone 13, iPhone 13 mini dan iPhone 13 Pro akan menggunakan lensa f/ 1.6 untuk kamera utamanya. Ini akan memiliki kesamaan atau identik dengan imager utama yang ada di iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 mini. Belum ada kabar tentang perbedaan sensor di belakang kamera itu, demikian dilaporkan Forbes.

Semua model iPhone 13 akan memiliki lensa 7P (yaitu tujuh elemen kaca) di atas sensor kamera utama mereka, sama seperti seri iPhone 12. Lensa 7P meningkatkan kecepatan transmisi cahaya, yang menghasilkan kualitas gambar lebih baik, juga mengurangi penyimpangan berwarna.

Tujuan Apple adalah untuk beralih ke lensa 7P di semua kamera belakang iPhone dalam beberapa tahun ke depan. Menurut Kuo, pemasok lensa Cina, Sunny Optical akan lolos verifikasi kualitas untuk komponen 7P. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pengiriman 7P untuk jajaran iPhone 13 diharapkan akan dimulai pada kuartal dua (Q2) tahun 2021.

Untuk peluncuran, iPhone generasi berikutnya itu juga dikabarkan akan dirilis lebih awal. Dalam bocoran baru, sumber rantai pasokan untuk situs populer Taiwan Digitimes mengungkapkan bahwa TSMC—mitra chip iPhone—diharapkan memulai produksi chip A15 Apple yang akan memberi daya pada seri iPhone 13 mendatang pada akhir Mei.

Bocoran itu menempatkan model iPhone 13 dirilis 10-11 bulan setelah iPhone dirilis. Dan, terlepas dari kesuksesan komersial jajaran iPhone 12, ini masuk akal. Karena dampak pandemi Covid-19 pada rantai pasokan, produksi kisaran iPhone 12 ditunda dengan chipset A14 yang baru memulai produksi awal pada akhir Juni.

Seiring dengan kendala pasokan lainnya, model itu kemudian tidak tersedia di rak toko hingga 13 November 2020, hampir dua bulan lebih lambat dari iPhone 11 (20 September 2019). Tapi sekarang Apple kembali ke jalurnya.

Sementara chipset A13 iPhone 11 mulai berproduksi pada bulan April. Apple tampaknya telah mengurangi separuh celah yang menjadi pertanda baik untuk rilis iPhone 13 September atau Oktober tahun ini.  

Ini adalah berita bagus bagi siapa pun yang berencana untuk meningkatkan iPhone mereka akhir tahun ini. Meskipun itu mungkin membuat calon pemutakhir iPhone 12 berpikir dua kali jika model yang mereka lihat dapat diganti dalam waktu kurang dari enam bulan.

Dan jika A15 adalah sesuatu seperti chip A14X yang terinspirasi M1, yang secara tidak sengaja dibocorkan Apple minggu lalu, ini akan menjadi perangkat keras yang layak untuk ditunggu.  

Selain itu, dengan Apple akhirnya mengatur untuk mengurangi ukuran notch, pengalaman 5G yang ditingkatkan, meningkatkan MagSafe, masa pakai baterai, mengenalkan kembali Touch ID dan memberikan pengalaman kamera baru yang radikal.