GadgetSquad.ID –  Gmail bisa dikatakan menjadi salah satu penyedia layanan surat elektronik atau email, paling popular saat ini. Buat pengguna aktif, mungkin pernah mengalami memori Gmail tiba-tiba penuh.

Sejatinya Gmail sudah menyediakan ruang penyimpanan gratis hingga 15GB. Ukuran tersebut terbilang cukup besar. Tapi kok bisa cepat penuh?

Nah, perlu diketahui, penyimpanan 15GB gratis itu juga buat Google Drive dan Google Photos. Termasuk untuk backup WhatsApp juga mengambil ruang penyimpanan. Jadi gak heran bisa cepat penuh.

Lalu bagaimana cara pengguna bisa tetap mengontrol atau mengurangi file “sampah” yang tersimpan dengan mudah? Simak triknya berikut.

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas Google One. Aplikasi Google One, bisa kamu maksimalkan untuk mengatur penyimpanan di layanan Google, termasuk storage Gmail.

Meski aplikasi ini juga menawarkan langganan storage Gmail tambahan, kamu bisa juga pakai fitur-fitur di Google One untuk, membersihkan penyimpanan tanpa harus keluar biaya.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Download dan Buka Google One: biasanya aplikasi ini sudah terinstall langsung di hape berbasis Android. Tinggal di-update jika diperlukan.

2. Buka aplikasinya dan tab Storage untuk melihat penggunaan storage kamu di semua layanan Google.

3. Kemudian di tab Storage, pilih opsi “Free up account storage”. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih:

Emails in Trash: Hapus email yang udah kamu pindahin ke Trash.

Spam Emails: Hapus email yang ada di folder Spam.

Emails with Large Attachments: Ini penting banget, karena email dengan file besar dari klien tanpa sadar, bikin storage cepat habis. Kamu bisa filter email berdasarkan ukuran lampiran (misalnya lebih dari 10MB atau 20MB), lalu hapus yang udah nggak dibutuhkan.

Selamat mencoba

Sebagai tambahan, Google One juga bisa kasih tampilan semua file besar yang ada di Google Drive. Cek file yang sudah tak terpakai, terutama di folder ‘Shared with me’, karena file-file ini juga cukup memakan tempat.