GadgetSquad.id – “Jaringan 100% 4G” begitulah salah satu jargon Smartfren untuk menggambarkan kecepatan akses internet yang dimilikinya. Seperti diketahui akses internet 4G jadi akses internet paling cepat saat ini sebelum memasuki era 5G.

Seperti yang dirasakan langsung oleh Tim GagdetSquad ketika mencoba melakukan tes kecepatan internet Smartfren di acara Smartfren Jelajah Cirebon, didapat kecepatan mencapai 47,3 Mbps ketika sedang berada di dalam bis yang sedang berjalan di sepanjang tol Cipali.

Meski sudah menyediakan akses internet cepat, namun Smartfren tidak berpuas diri begitu saja. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menggarap program yang ditujukan untuk UMKM agar mau memanfaatkan akses internet cepat untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya dengan berbasis layanan digital.

Program yang dimaksud yaitu bernama Teman Kreasi. Ini adalah salah satu program dari Community Development yang dimiliki Smartfren.

Teman Kreasi 

Teman Kreasi sendiri sebenarnya sudah mulai dijalankan sejak 2015. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para pelaku UMKM seputar pengembangan bisnis termasuk transformasinya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, “Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara Smartfren, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang usaha ”

Peserta program Teman Kreasi akan mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online. Selain itu juga mendapat dukungan pelatihan dan jaringan usaha dari Smartfren Community yang tersebar di lebih dari 100 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren menambahkan, “Peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet.”

Selama 7 tahun Teman Kreasi berjalan hingga sekarang, program ini sudah berjalan di 106 kota di seluruh Indonesia. Dan hingga kini sudah ada lebih dari 132 ribu anggota Teman Kreasi dan 1950 UMKM binaan.

Salah satu anggota Teman Kreasi bernama ibu Ani, yang ditemui GadgetSquad saat acara Smartfren Jelajah Cirebon, menceritakan sangat terbantu dengan adanya program ini. “Selain mendapatkan pelatihan usaha, saya juga dibantu untuk pemasaran produk makanan milik saya. ” ujarnya. Dimana produk makanan cemilan dengan merek Tandes punya ibu Anikini juga sudah dijual di outlet Batik Trusmi yang merupakan sentra oleh-oleh terkenal di Cirebon, yang juga menjadi bagian dari program Teman Kreasi. ‘Salah satu tujuan dari program Teman Kreasi adalah kolaborasi antara anggotanya, seperti produk cemilan Tandes yang kini dijual di outlet Batik Trusmi” tambah Dani Akhyar.

Ke depannya Teman Kreasi juga akan mengembang program kolaborasi lainnya yaitu dengan membuat program Teman Pintar dan Bunda Pintar. “Program Teman Pintar sudah mulai berjalan. Ini merupakan program pemberdayaan remaja yang ingin mengembangkan kemampuannya sebagai konten kreator” jelas Dani Akhyar. Selanjutnya anggota Teman Pintar bisa membantu para pemilik UMKM di Teman Kreasi untuk mengembangkan bisnisnya ke arah digital, salah satunya dengan membuat konten video. Nantinya diharapkan dengan adanya konten video bisa membantu pemasaran produk UMKM melalui internet. “Memang selama ini saya tidak sempat mengembangkan bisnis secara digital, karena sudah disibukkan dengan proses produksi.” ujar Ibu Ani. Jadi diharapkan program Teman Pintar bisa membantu para UMKM, seperti ibu Ani, yang kesulitan dalam pengembangan produknya ke arah digital.