GadgetSquad.ID – “Pelanggan adalah segalanya”, dan Hari Pelanggan Nasional (HPN) menjadi momen yang pas bagi setiap perusahaan membuktikan komitmen, untuk memberikan yang terbaik pagi pengguna setianya.

Nah dalam rangka HSN yang jatuh 4 September lalu, Telkom mewujudkannya dengan menjemput bola, bertemu para pelanggan setia, dari ujung barat hingga timur Indonesia.

Langkah tersebut menjadi satu cara Telkom, untuk menjalin kedekatan, sekaligus berdialog mencari tahu apa saja yang dibutuhkan pelanggan dari Telkom.

Reni Yustiani, OVP Enterprise Regional Management Telkom, menerangkan pentingnya peran pelanggan segmen bisnis dalam keberlangsungan bisnis Telkom.

“Melakukan komunikasi dua arah tentang kebutuhan layanan dengan pelanggan adalah salah satu agenda prioritas kami,” ucap Reni.

Lebih lanjut, Reni menerangkan, kunjungan ke pelanggan penting dilakukan agar bisa mendapatkan input langsung dari pada pelanggan.

Pada kesempatan kali ini, Telkom juga memfokuskan kunjungan untuk bertemu para pengguna produk unggulan Telkom yakni Indibiz layanan penyedia ekosistem solusi digital dunia usaha.

Kunjungan tidak hanya dilakukan kepada pelanggan, melainkan ke para pemangku kepentingan penting seperti organisasi bidang usaha tertentu.

Seperti yang dilakukan EVP Telkom Regional 2 E. Kurniawan, yang berdialog dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum IDI Adib Khumaidi beserta jajaran.

Kunjungan lainnya juga dilaksanakan ke pelanggan Telkom yang menggunakan ekosistem solusi digital Indibiz. Total ada 7 solusi yang ditawarkan mulai dari Indibiz Health, Ruko, Ekspedisi, Multifinance, Hotel, Sekolah hingga Indibiz Energi.

Khusus di momen HPN yang lalu, Telkom memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan selama ini.

Bagi Telkom, pelanggan adalah hal yang utama bagi perusahaan dalam membangun strategi berkelanjutan serta menciptakan nilai tambah yang lebih besar.

Langkah tersebut dilakukan seiring dengan strategi besar Telkom Indonesia untuk fokus kepada pasar B2B melalui Indibiz. Telkom merancang Indibiz untuk mengurai pain-points yang sering menjadi hambatan pelaku usaha untuk berkembang.

Adanya ketujuh ekosistem Indibiz ini sangat diterima masyarakat karena memang relevan dengan tantangan yang ada di lapangan.

Dan dalam waktu dekat, Telkom akan memperluas ekosistemnya ke sektor-sektor lain yang memiliki tantangan tersendirinya yang lebih kompleks.

Reni Yustiani, OVP ERM mengatakan kunjungan ini merupakan agenda rutin seluruh insan Telkom.

“Hal ini tidak dilakukan karena bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional semata, tapi sudah menjadi salah satu tugas pokok kami untuk mengunjungi langsung pelanggan kami.”

“Kami harus proaktif untuk mencari masukan, melakukan evaluasi, dan pengembangan bisnis dari para pelanggan setia”, tukas Reni.