GadgetSquad.ID – Kabar penting bagi kamu pelanggan pelanggan XL Axiata. Kabar kali ini terkait aktivitas pelanggan yang biasa, menggunakan kode USSD Menu Browser (UMB) *123#, untuk cek pulsa dan beberapa info lainnya.

Yup, mulai 1 Februari 2023, pelanggan XL Axiata tak bisa lagi menggunakan kode UMB *123#. Sebagai gantinya, untuk mengeceknya dengan kode UMB *808#.

Kenapa harus berubah?

Adapun, migrasi UMB *123# ke *808# itu berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2021 yang mengatur bahwa akses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan USSD *8XY#.

Alfons Eric Bosch Sansa, Chief Marketing Officer XL Axiata, mengatakan, jika XL Axiata senantiasa mematuhi regulasi yang berlaku, termasuk terkait penggunaan USSD. Migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya.

“Jadi hanya perpindahan dari *123# menjadi *808#. Upaya sosialisasi kami laksanakan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan yang terkait, terutama pelanggan, melalui berbagai saranan komunikasi, termasuk media sosial,” jelasnya.

Selain melalui UMB *808#, XL Axiata menyediakan alternatif layanan pelanggan yang lebih mudah diakses melalui aplikasi, yaitu myXL untuk pelanggan XL Prabayar dan PRIORITAS, dan AXISnet untuk pelanggan AXIS. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Playstore atau App Store.

Sebagai tambahan, USSD atau Unstructured Supplementary Service Data merupakan suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator selularnya.

Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan.

Bagi konsumen XL, kode UMB *123# selama ini digunakan oleh pelanggan untuk pengecekan saldo pulsa, kuota paket ataupun pembelian produk dan layanan XL Axiata.