GadgetSquad.id – MediaTek resmi meluncurkan chipset andalan terbarunya, Dimensity 9000. Chip ini akan memberi daya pada smartphone kelas atas, dengan berbagai merek telah mengkonfirmasi bahwa penawaran perangkat mereka yang akan datang dengan chip baru ini, salah satunya OPPO.

Berbicara tentang chipset terlebih dahulu, ini didasarkan pada proses 4nm dari TSMC dan menampilkan arsitektur CPU ARMv9. Chip ini memiliki delapan inti, dengan satu inti super Cortex X2 yang bekerja pada kecepatan 3,05GHz, dipasangkan dengan tiga inti Cortex A710 kinerja dan empat inti Cortex A510, demikian dikutip Gizmochina.

Selain itu, chip juga mendukung memori LPDDR5X bersama dengan cache L3 8MB dan cache sistem 6MB. Untuk grafis, memiliki GPU Mali G710, yang mendukung merek HyperEngine 5.0 dengan AI-VRS bersama dengan kit pengembangan perangkat lunak (SDK) raytracing menggunakan Vulkan untuk Android. 

Menurut MediaTek, Dimensity 9000 adalah chip paling bertenaga dan hemat energi hingga saat ini. Dan menghadirkan sejumlah fitur pertama di industri dan rangkaian fitur lengkap untuk para penggemar teknologi yang paling cerdas.

Dengan peluncuran resmi, merek smartphone turun ke media sosial untuk mengumumkan bahwa handset mereka yang akan datang akan menampilkan chipset baru ini. OPPO mengungkapkan bahwa model seri Find X generasi berikutnya juga akan menampilkan Dimensity 9000.

Ini termasuk Redmi, yang menyatakan bahwa model mendatang dalam seri K50-nya akan menampilkan chipset unggulan baru dari MediaTek. Merek lain seperti Vivo, Xiaomi, dan bahkan Honor akan meluncurkan smartphone mereka dengan chip ini pada kuartal pertama tahun depan juga.