Khusus untuk Tablet dan Laptop, Ini Kelebihan Chipset MediaTek Kompanio 1300T

GadgetSquad.id – MediaTek meluncurkan chipset Mediatek Kompanio 1300T, Chipset terbaru untuk tablet dan laptop bertenaga ARM. Chip ini mirip dengan chipset sebelumnya Kompanio 1200 (MT8195) dengan peningkatan. 

Kompanio 1300T dibuat pada node 6nm TSMC dan dilengkapi prosesor octa-core dengan core Cortex-A78 dan core A55. Update besar ada pada GPU, yang sekarang dilengkapi dengan sembilan inti Mali-G77 MC9 (chip 1200 memiliki G57 MC5 kelas menengah). 

Chip 1300T dilengkapi modem 5G terintegrasi yang bekerja di pita sub-6 GHz dan mendukung operasi dual-SIM dan agregasi operator 2 saluran. Ini akan memungkinkan konektivitas berkecepatan tinggi saat bepergian.

Chipset untuk tablet dan laptop ini mendukung satu layar dengan resolusi hingga 1440p dengan refresh aret 120Hz (dengan refresh rate dinamis), dan pemutaran video HDR10+. 

Ada juga APU yang mengaktifkan fitur seperti AI-PQ (Kualitas Gambar AI) dan perintah suara. Chipset ini mendukung kamera dengan sensor hingga 108 MP dan dapat merekam video 4K hingga 60 fps. HDR juga merupakan opsi pada resolusi 4K. 

Selain 5G, chipset ini juga menyediakan koneksi latensi rendah untuk bermain game, chip ini juga mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Tablet pertama dengan Kompanio 1300T akan diluncurkan pada kuartal Juli-September.

Kemungkinan tablet Honor V7 Pro yang mungkin akan membawa chipset ini, akan diluncurkan pada pertengahan Agustus. 

Mengutip data Counterpoint Research, chipset ini dapat mengambil kesempatan untuk memberbesar pangsa pasar. Karena pangsa pasarnya tumbuh hingga 37 persen, Qualcomm, Apple, dan Unisoc juga tumbuh dibandingkan tahun 2020, sebagian besar dengan mengorbankan HiSilicon (dan pada tingkat lebih rendah Samsung). 

Ada lebih dari 30 smartphone yang ditenagai oleh chipset Dimensity. Namun minat MediaTek mencakup lebih banyak lagi. Sebagian besar TV pintar menggunakan modem Wi-Fi buatan MediaTek, dan gadget pintar dengan fungsi asisten suara juga. Perusahaan juga memasok chip untuk membangun jaringan serat optik mereka. 

Ada juga MediaTek T750, chipset 5G untuk aplikasi CPE (Consumer-Premises Equipment, yaitu router atau perangkat serupa). Ini dibuat pada proses 7 nm, fitur prosesor quad-core Cortex-A55 (pada 2,0 GHz), modem 5G (sub-6 GHz, baik hingga 4,7 Gbps) gigabit Ethernet, Wi-Fi 6, GPU untuk tampilan eksternal (hingga 720p) serta akselerasi perangkat keras untuk tugas router.