GadgetSquad.ID – Tak hanya buat ngobrol, layanan pesan instan juga bisa jadi sarana transaksi. Yup, sebuah terobosan menarik dihadirkan DOKU. Perusahan fintech ini resmi menghadirkan layanan DOKU PayChat.
Dari namanya saja sudah tercermin jika inovasi baru ini, lekat dengan pembayaran dengan memaksimalkan layanan pesan instan.
Yup, memanfaatkan fasilitas layanan WhatsApp Business, DOKU PayChat.
memungkinkan bisnis menerima pembayaran, mengirim tagihan, menjadwalkan pengingat otomatis, dan mengelola interaksi pelanggan dalam satu chat.
Dalam prosesnya, berbeda dari chatbot biasa, DOKU PayChat dirancang untuk mendorong konversi—dari chat hingga checkout, tanpa hambatan.
Nabilah Alsagoff, Co-Founder & Chief Operating Officer DOKU, menjelaskan, jika
DOKU PayChat mencerminkan cara bisnis dan konsumen Indonesia berinteraksi saat ini, yaitu melalui chat.
“Layanan ini memberikan pengalaman transaksi yang lebih mulus langsung dalam percakapan WhatsApp. Kemudahan ini membantu untuk meningkatkan konversi dan mengurangi risiko pembatalan transaksi,” ujarnya.
Apa saja fiturnya?
Doku PayChat hadir dengan fitur-fitur unggulan seperti pesan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan interaksi pelanggan.
Ada juga pengiriman tagihan massal (bill broadcast) untuk efisiensi penagihan, serta dasbor terpusat (unified dashboard) untuk monitoring transaksi secara real-time.
Solusi ini tidak memerlukan integrasi teknis yang rumit, sehingga cocok untuk bisnis dari berbagai skala—dari usaha menengah hingga korporasi.
Peluncuran Doku PayChat menegaskan posisi Doku sebagai pemimpin inovasi pembayaran di Indonesia.