Live Translate di Samsung Galaxy Z Flip 6 (1)GadgetSquad.ID – Kecerdasan buatan ala “Galaxy AI” yang dikembangkan oleh Samsung, benar-benar menjadi senjata andalan pabrikan asal Korea Selatan itu.

Respon positif pengguna membuat, Galaxy AI yang awalnya ada di hape flagship selevel Galaxy Z Fold dan Flip juga mulai merambah ponsel kelas menengah seperti Galaxy A Series.

Dalam perjalanannya, Galaxy AI tak hanya bertambah ekosistem jumlah hapenya, namun juga semakin beragam fitur yang disajikan. Tercatat saat ini ada 14 fitur baru dalam ekosistem Galaxy AI.

Salah satu menu anyar itu adalah fitur On-device AI terbaru yang hadir di Galaxy Z Fold6 dan Flip 6 yakni, “Listening Mode”. Fitur ini menyediakan terjemahan transkrip secara real-time.

Fitur ini mendukung terjemahan langsung ke Bahasa Indonesia. Karena itu Samsung melibatkan tim dari Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN) untuk ikut mengembangkan.

Yanuar Rahman, Software Platform Group Head Samsung R&D Institute Indonesia mengatakan, tim pengembangan Listening Mode dalam Bahasa Indonesia terdiri dari AI engineer, pakar bahasa, dan penguji coba internal yang berkolaborasi dengan engineer Samsung di kantor pusat di Korea Selatan.

“setiap engineer dan researcher di dalam tim ini mempunyai peran penting dalam memverifikasi setiap apa yang sudah kami kerjakan dalam proses pengembangan fitur dan modelnya.”

“Semua dilakukan agar setiap terjemahan bisa sangat sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan memiliki konteks yang sesuai dan relevan dengan perkembangan Bahasa Indonesia dari waktu ke waktu,” tegas Yanuar.

Sementara itu, Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia menambahkan keunggulan On-device AI Listening Mode juga dapat dimanfaatkan, untuk menerjemahkan rekaman penting tanpa khawatir akan privasi.

Misalnya, seorang pengusaha yang sering menghadiri business meeting bisa memastikan setiap informasi rahasia akan tetap aman dan berada sepenuhnya dalam kendali mereka karena semua proses penerjemahan diolah langsung di perangkat.

“Lebih dari 19% pengguna memanfaatkan Galaxy AI sejak diperkenalkan di Galaxy S24 series. Penggunaan Galaxy AI semakin meningkat menjadi 27% di Galaxy Z Fold6 | Z Flip6.”

“Dengan pengalaman yang lebih aman, nyaman dan lebih cepat karena On-Device Galaxy AI tidak tergantung dari sinyal internet, kami yakin tren ini akan semakin meningkat,” pungkasnya.