Menjadi seorang content creator merupakan profesi yang sangat memerlukan perangkat yang memadai dan bisa diandalkan, salah satunya adalah laptop. Ya, tidak hanya sekedar memiliki performa yang mumpuni saja, tetapi dibekali dengan fitur untuk memudahkan penggunanya dan tentu saja mendukung mobilitas tinggi.

Bagi anda yang sedang mencari laptop serbaguna, ASUS Zenbook Pro 14 OLED UX6404 bisa menjadi pilihan yang menarik. Laptop ini dirancang khusus untuk kreator profesional dan belum lama ini diluncurkan di pasar Indonesia. Berikut ulasan singkat kami, saat mencoba laptop ini dalam sesi hands-on beberapa waktu yang lalu bersama Asus Indonesia.

Desain

Secara desain, ASUS Zenbook Pro 14 OLED UX6404 memiliki tampilan premium dan fungsional dengan ciri khas Zenbook. Meskipun dilengkapi dengan spesifikasi tinggi, tampilannya tidak terlihat seperti laptop gaming. Desain ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan laptop dengan tampilan profesional.

Tak hanya itu, laptop dengan konsep layar ganda ini juga sudah mendukung mobilitas tinggi. Hadir dengan bodi yang sangat cukup tipis dan ringkas. Ketebalan bodinya hanya 17.9mm dan bobotnya hanya 1,6 kg yang membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Oh yah, laptop ini hadir dalam warna tech black yang elegan, pada bagian cover terdapat monogram ASUS dan lapisan logam spun-metal Zen pada bagian tutup engselnya.

Layar

Walaupun hadir dengan bentuk yang ringkas, namun laptop ini sudah dibekali dengan spesifikasi layar superior untuk mendukung kebutuhan profesional kreatif. Layarnya menggunakan panel OLED dengan resolusi 3K berukuran 14.5 inci dengan rasio aspek 16:10. Layar ini memiliki waktu respons 0.2ms dan refresh rate 120Hz.

Untuk kenyamanan visual maksimal, tingkat kecerahan layar dapat mencapai hingga 600 nits. Akurasi warna dijamin dengan cakupan warna 100% DCI-P3, rasio kontras 1.000.000:1, dan sertifikasi PANTONE Validated.

Selain itu, layar ini juga mampu mengurangi cahaya biru berbahaya hingga 70% dan mendukung Dolby Vision untuk pengalaman audio visual yang menakjubkan. Karena ditujukan untuk desainer atau kreator profesional, salah satu fitur unik dari laptop ini adalah ASUS DialPad, sebuah kontrol putar inovatif yang terintegrasi dengan touchpad. ASUS Dialpad ini dapat digunakan untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi kreatif seperti Adobe Photoshop, Premiere Pro, After Effects, dan lainnya.

I/O Port

Soal kelengkapan konektivitasnya, laptop ini hadir dengan beragam port yang cukup lengkap, terdapat 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery, 1x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack dan SD 4.0 card reader.

Performa

Menyoal performanya, ASUS Zenbook Pro 14 OLED teranyar ini dibekali oleh prosesor ntel® Core™ i9-13900H Processor dengan kecepatan 2.6GHz (24MB Cache, 14 cores 20 threads) berkecepatan hingga 5,4GHz.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan grafis GeForce RTX™ 4070 Laptop GPU 8GB GDDR6. Ya, biasanya Nvidia GeForce RTX 4070 dipasang di laptop gaming kelas performa, mid-high. Tidak banyak laptop content creator apalagi laptop tipis yang menggunakan chip GPU sekuat ini di dalamnya.

Untuk mendukung performa nya, laptop ini juga memiliki memori DDR5 16GB dan penyimpanan SSD NVMe M.2 1TB2. Dengan konfigurasi ini, laptop mampu memberikan kinerja cepat dan lancar untuk berbagai aplikasi dan game. Yang menarik, terdapat slot DDR yang memungkinkan pengguna untuk melakukan upgrade RAM. Hal ini tentu jarang ada di laptop Zenbook dan sejenisnya.

Dengan spesifikasi tersebut, laptop ini mampu memberikan performa tinggi untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk pekerjaan maupun hiburan.

Baterai

Sedangkan untuk daya tahan hidupnya, laptop ini hadir dengan baterai 76Wh yang menawarkan waktu operasional cukup panjang. Namun, perlu diingat bahwa durasi operasional laptop mungkin berbeda-beda tergantung pada penggunaan.

Opini

Menurut kami, dibalik bentuk nya yang ringkas Asus Zenbook Pro 14 OLED hadir dengan spesifikasi mumpuni dan memiliki konfigurasi yang siap pakai. Mulai dari layar superior, prosesor powerful dengan kartu grafis performa tinggi yang memiliki memori dan storage yang besar sehingga penggunanya tidak perlu lagi melakukan opsi upgrade.

Harga & Ketersediaan

Bagi anda yang tertarik dengan laptop yang satu ini, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU) dibanderol dengan harga Rp34.999.000 yang sudah bisa didapatkan di toko ritel online maupun offline.