Tidak lama lagi, vivo Indonesia akan segera meluncurkan smartphone flagship teranyarnya dari X series. Sembari menunggu tanggal peluncuran resminya nanti, tim Gadget Squad berkesempatan untuk menjajal ponsel lipat premium besutan vivo yakni, vivo X Fold3 Pro.

Sebagai informasi tambahan, X series yang akan hadir di Indonesia tersedia dengan tiga model yang terdiri dari vivo X 100, vivo X 100 Pro dan vivo X Fold3 Pro sebagai ponsel lipat resmi pertama vivo di Indonesia. Ya, akhirnya vivo memboyong ponsel lipat premium ini yang hadir sebagai penantang Samsung Galaxy Z Fold 5 dan OPPO Find N3 Fold.

Hands-on

Jatuh cinta pada pandangan pertama, ya mungkin kalimat tersebut ungkapan yang pas yang menggambarkan impresi kami saat menggenggam ponsel ini pertama kali. Vivo X Fold3 Pro hadir dengan desain bodi yang ringan dan juga lebih tipis dari dua pesaingnya di Indonesia yakni, Samsung Galaxy Z Fold 5 dan OPPO Find N3 Fold. Vivo X Fold3 Pro memiliki bobot 236 gram dengan ketebalan 5.2 mm saat ponsel terbuka dan 11.2 mm saat ponsel terlipat.

Walaupun tipis, ponsel lipat teranyar vivo ini terasa padat dan kokoh. Pada saat kami membuka layar, sistem mekanisme buka-tutup lipatannya pun sangat terasa solid, sehingga tidak terasa ringkih. Unit yang kami coba berwarna putih, pada bagian cover belakang hadir dengan corak marmer yang membuat ponsel ini terkesan mewah dan elegan. Sedangkan warna lain yang akan hadir di Indonesia adalah warna hitam dengan finishing mate.

Menariknya, pada saat ponsel terlipat, feel menggenggam vivo X Fold3 Pro ini seperti layaknya menggenggam ponsel biasa pada umumnya. Selain itu, vivo X Fold3 Pro ini menggunakan engsel Armor Feather yang memungkinkan ponsel bisa tertutup rapat tanpa celah saat posisi dilipat.

Berbicara soal hp lipat, tentunya tidak akan lepas dari urusan crease atau lipatan pada layar utamanya. Menurut kami, lipatan layar di vivo X Fold3 Pro ini hampir tidak terlihat. Layar utama vivo X Fold3 Pro hadir dengan jenis panel Foldable LTPO AMOLED dengan ukuran seluas 8,03 inci beresolusi 2200 x 2480 piksel. Sedangkan cover screen pada ponsel ini hadir dengan LTPO AMOLED berukuran 6,53 inci beresolusi 1172 x 2748 piksel.

Baik layar utamanya ataupun cover screen nya sama-sama sudah mendukung refresh rate tinggi 120 Hz dan kecerahan layar maksimum 4.500 nits yang nyaman digunakan dalam kondisi di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Beralih pada performa nya, vivo X Fold3 Pro didukung dengan prosesor premium dari Snapdragon 8 Gen 3 dengan fabrikasi 4nm yang memungkinkan perangkat bisa berjalan dengan performa optimal. Untuk mendukung perform nya, Ponsel lipat premium milik vivo ini hadir dengan opsi RAM hingga 16GB berjenis LPDDR5X. Sedangkan pada memori penyimpanan vivo membekali kapasitas hingga 1 TB UFS 4.0.

Okay, sekarang mari kita bahas soal kameranya yang merupakan salah satu nilai jual utama dari hp lipat ini. Menurut kami vivo X Fold3 Pro ini memiliki konfigurasi kamera yang canggih dengan mengoptimalkan kolaborasinya bersama brand kamera premium, Zeiss.

Untuk kamera utamanya, vivo X Fold3 Pro memiliki tiga kamera belakang powerfull yang terdiri dari sensor utama 50 MP (wide), f/1.68, kemudian lensa ultra wide 50 MP f/2.0

Dan yang terakhir lensa periskop telephoto beresolusi 64 MP, f/2.57. Sedangkan untuk kebutuhan kamera selfie vivo membekali ponsel flagship teranyar nya ini dengan resolusi 32 MP.

Berikut adalah hasil foto menggunakan kamera vivo X Fold3 Pro : 

Menyoal daya tahan hidupnya, walaupun vivo X Fold3 Pro hadir dengan bodi yang tipis namun daya baterai yang disematkan cukup besar pada 5.700 mAh. Selain itu, baterainya pun sudah didukung dengan pengisian cepat sebesar 100W dan dukungan wireless charging 50W.

Tanggal Peluncuran

Bagi anda yang menanti ponsel lipat premium milik vivo ini, vivo X Fold3 Pro bersama jajaran vivo X series teranyar lainnya akan resmi diluncurkan besok pada tanggal 12 Juni 2024.