GadgetSquad.ID – Pilihan koneksi 5G di Tanah Air dipastikan semakin beragam gaes. Adalah XL Axiata yang resmi menjadi operator ketiga penyelenggara 5G di Indonesia.

Hal ini dipastikan setelah Menteri Komunikasi dan Infomartika, Johnny G. Plate, mengumumkan XL Axiata mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk komersialisasi layanan 5G.

“Hari ini kita bersama manyambut keikutsertaan XL Axiata yang baru saja mendapatkan SKLO layanan 5G pada 6 Agustus 2021 beberapa hari yang lalu. Setelah pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3 sampai 5 Agustus 2021. Jadi satu hari setelah selesai ULO, langsung diterbitkan SKLO tersebut,” tutur Menkominfo.

Johnny menuturkan, layanan 5G XL Axiata akan digelar pada pita frekuensi 1.800MHz dengan lebar pita 20MHz, dalam rentang 1.807,5MHz sampai 1.825,5MHz.

Lebih jauh diungkapkan, penerbitan SKLO pada XL Axiata ini dilaksanakan sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Menkominfo No 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi

Keberadaan operator seluler ketiga yang menyediakan layanan jaringan 5G, menunjukkan bahwa industri penyediaan layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia, walaupun saat ini kita sedang berada di tahap initial commercial operation,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, XL Axiata mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan implementasi teknologi 5G di Indonesia. Untuk itu, persiapan untuk menggelar jaringan 5G sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Proses Uji Laik Operasi (ULO) 5G telah berjalan sesuai dengan jadwal yang kami rencanakan, selama tiga hari, 3 hingga 5 Agustus 2021 dan berlokasi di Kota Depok, tepatnya di sebagian area Jalan Margonda Raya,” tuturnya saat konferensi pers virtual.

Dian pun mengatakan setelah lolos ULO ini, XL Axiata bersiap untuk menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia, termasuk secara bertahap memperluas cakupannya.

Adapun untuk tahap awal, jaringan 5G XL Axiata akan hadir di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya dengan cakupan area terbatas mulai pertengahan Agustus