GadgetSquad.id – Mendekati tahun 2022, hampir 9 tahun sejak Google membuat Google Glass pertama dan terakhir. Orang mungkin berpikir bahwa industri kacamata pintar mungkin tidak layak untuk dijelajahi, tapi Huawei ingin membuktikan sebaliknya. 

Selain mengumumkan Huawei Matebook X Pro yang dirumorkan akan muncul dalam acara Huawei Winter Flagship Keynote pada 23 Desember 2021, perusahaan juga berencana merilis kacamata pintar pertamanya, Huawei Smart Glass. Perangkat ini dikatakan ditenagai oleh HarmonyOS, sistem operasi internal yang dikembangkan oleh Huawei.

Huawei menyebut kacamata tersebut sebagai asisten pribadi cerdas pengguna. Dan dari video teaser yang dibagikan Huawei, kacamata tersebut menampilkan lensa yang dapat ditukar, serta speaker aktif kiri dan kanan di setiap lengan kacamata, demikian dilaporkan Gizmochina.

Pengumuman ini datang dengan panas tepat setelah OPPO mengumumkan OPPO Air Glass pertamanya di acara OPPO Inno Day 2021 pada 14 Desember 2021 lalu. Kacamata ini menampilkan gaya futuristik dengan desain lensa tunggal dan beratnya kurang dari 30 gram.

OPPO Air Glass juga dirancang untuk dipasang pada bingkai khusus yang ditawarkan oleh OPPO menggunakan komponen magnetik yang ditempatkan di dalam bingkai Air Glass. 

Huawei sebelumnya merilis dua kacamata, tapi keduanya bekerja sama dengan pembuat kacamata Gentle Monster. Huawei Smart Glass yang akan datang tidak menampilkan branding kolaborasi apa pun dan dikabarkan akan menjadi seri baru dalam keluarga Huawei.