GadgetSquad.ID – Bakal ada yang beda di momen upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-79, 17 Agustus tahun ini. Yup, tahun ini gelaran tersebut akan dihelat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimatan Timur

Demi kenyamanan akses komunikasi di kawasan tersebut, satu persatu operator telah mempersiapkan infrastuktur pendukung, termasuk XL Axiata.

Upaya ini sekaligus merupakan jawaban XL Axiata atas lonjakan trafik layanan di kawasan Kalimantan.

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata menjelaskan, pembangunan yang kian intensif di kawasan IKN turut mendorong kebutuhan akan jaringan telekomunikasi yang andal.

“Trafik layanan XL Axiata meningkat signifikan, hingga lebih dari 300 persen dalam setahun terakhir.”

“Oleh karena itu, kami fokus pada peningkatan kualitas jaringan, baik di dalam area inti IKN maupun di lokasi-lokasi strategis seperti infrastruktur jalan tol, bandara, rumah sakit, dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Gede.

Terkait peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79 yang digelar di IKN pada 17 Agustus mendatang, menurut Gede, XL Axiata telah menambah tiga unit Mobile BTS (MBTS) di sekitar lokasi upacara.

Penambahan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran konektivitas selama acara berlangsung, dengan koordinasi bersama pihak Otorita IKN.

Saat ini, total ada 12 BTS yang telah dioperasikan oleh XL Axiata di area ring 1 IKN Nusantara, termasuk infrastruktur di Swissotel Nusantara.

Ke depannya, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur jaringannya di IKN seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas di kawasan tersebut.

“Kami berkolaborasi dengan Otoritas IKN untuk memastikan jaringan kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, baik untuk komunikasi maupun kebutuhan lainnya,” tambah I Gede Darmayusa.

Sebagai info di area penyangga IKN, yang mencakup Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, XL Axiata telah menyiapkan sekitar 500 BTS, sebagian besar merupakan BTS 4G. Di wilayah inti IKN, lebih dari 150 BTS telah terpasang dan menjangkau empat kecamatan utama.