GadgetSquad.ID – Indosat Ooredoo Hutchison memang lagi getol, berinovasi dengan kecerdasan buatan (AI). Teranyar melalui Indosat Business, operator yang satu ini meluncurkan NEXTretail.

Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan intelligent analytics, NEXTretail diharapkan bisa memberikan pemahaman lebih baik mengenai kebutuhan pelanggan, personalisasi secara real-time, membuat program loyalitas pelanggan lebih tepat sasaran, serta memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Muhammad Buldansyah, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, jika dunia ritel terus berkembang secara dinamis, di mana ekspektasi pelanggan terus meningkat.

“Solusi yang ditawarkan NEXTretail dari Indosat Business dirancang untuk menghadirkan transformasi digital yang nyata, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan kepuasan pelanggan.”

“NEXTretail merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam kemajuan industri ritel melalui inovasi teknologi terdepan. Hal ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, NEXTretail adalah payung besar berbagai solusi teknologi terintegrasi, dalam satu atap.

Salah satunya, solusi Indosat Smart Digital Ads memungkinkan peritel untuk membuat kampanye iklan digital yang dipersonalisasi dan ditargetkan berdasarkan preferensi serta perilaku pelanggan.

Dengan ini, peritel dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan sebesar 30%, konversi sebesar 25%, dan ROI iklan sebesar 20%.

Sebuah studi kasus menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 25% di sebuah jaringan ritel terkemuka setelah menerapkan solusi yang sama

Ada juga, solusi Smart Cashier, yang merupakan sistem untuk mempercepat proses pembayaran, memastikan transaksi aman dan efisien.

Solusi ini mengurangi waktu pembayaran hingga 40%, meningkatkan efisiensi transaksi hingga 35%, dan mengurangi kesalahan manual hingga 30%.

Tak hanya itu, NEXTretail juga menyediakan AI CCTV Surveillance yang menyediakan pengawasan waktu secara real-time dengan teknologi AI untuk deteksi anomali dan pencegahan pencurian serta penipuan.

Adanya solusi ini, insiden pencurian dan penipuan dapat dikurangi hingga 50%, deteksi dini terhadap ancaman yang dapat menimbulkan kerugian meningkat hingga 30%, serta biaya terkait keamanan berkurang hingga 20%.