GadgetSquad.id – TikTok kembali menggelar program TikTok Awards Indonesia pada di 2023. Ajang penghargaan tahunan dari TikTok ini dimeriahkan oleh sejumlah selebritas, kreator, dan musisi papan atas yang hadir untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada kreator yang menjadi pemenang TikTok Awards 2023.  

Pemenang TikTok Awards 2023 (1)

Mengusung tema #BigOnTheSmallScreen, sejumlah penghargaan diberikan kepada para kreator yang telah menginspirasi, menghibur, dan memberikan dampak besar bagi komunitas dan masyarakat Indonesia di TikTok.

Delapan sub-kategori di bawah “Public’s Vote” dinilai berdasarkan jumlah voting yang diberikan pengguna sedangkan delapan sub-kategori lainnya di bawah “Judges’ Pick” dipilih berdasarkan kriteria penilaian para dewan juri.

Mereka adalah Angga Anugrah Putra, General Manager Operations & Marketing, TikTok SEA; Cinta Laura Kiehl, Entertainer, Entrepreneur, Social Activist; Fabian Dharmawan, SVP Production Coordinator 3 TV, RCTI; serta Anton Ismael, Fotografer Profesional.

” TikTok Awards Indonesia ingin merayakan pencapaian para kreator kami yang luar biasa. Kami harap dampak positif yang terus dihadirkan oleh para pemenang TikTok Awards tahun ini tidak hanya ikut dirasakan, tapi juga bisa menginspirasi masyarakat luas untuk bisa mendorong perubahan positif melalui caranya masing-masing,” ujar Karina Mahaya, Senior Marketing Manager, TikTok Indonesia.

Pemenang TikTok Awards Indonesia 2023

Untuk pertama kalinya, TikTok memilih tiga kreator sebagai “Changemakers of the Year”, sebuah kategori khusus yang menyorot para kreator pembawa perubahan positif, baik di dalam maupun di luar platform sebagai pemenang TikTok Awards 2023.

Salah satunya adalah Pandawara Group, kelompok anak muda asal Bandung yang berfokus menangani masalah lingkungan. Berawal dari inisiatif bersih-bersih sungai di lingkungan sekitar, kini Pandawara Group sudah menginisiasi kegiatan membersihkan lebih dari 620 ton sampah di 187 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Kreator yang mengawali perjalanannya di TikTok sejak Agustus 2022 ini juga mendapatkan suara terbanyak untuk kategori “Rising Star of the Year”, dan dipilih oleh para dewan juri sebagai pemenang TikTok Awards kategori  “Creator of the Year”.

Baca juga : TikTok Shop Berhenti Transaksi Jual Beli Mulai 4 Oktober 2023

Selain Pandawara Group (pandawaragroup), TikTok Indonesia juga menunjuk dua kreator lainnya sebagai pemenang TikTok Awards di kategori ini yaitu Wike (_wike.afrilia_), seorang kreator asal Sulawesi yang kini tinggal di Papua. Ia sering berbagi interaksi hangat yang terjadi sehari-hari antara masyarakat Papua, termasuk tradisi dan kebudayaan daerah tersebut.

Kreator lainnya adalah Sajodo Snack (sajodosnack), sebuah UMKM yang memasarkan berbagai kudapan ringan di TikTok. Sejak aktif di TikTok, Sajodo Snack berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi komunitas sekitar, yang saat ini mempekerjakan 140 staf dan berkolaborasi dengan dua desa kecil, memberikan manfaat bagi sekitar 200 orang di Indonesia.

Public’s VoteJudges’ PickSpecial Category