GadgetSquad.idApple akan meluncurkan iPhone 16 terbaru pada September 2024. Namun dikabarkan seri iPhone terbaru ini hadir tanpa membawa fitur terbaru yang menjadi andalan, yaitu Apple Intelligence.

Apple iPhone 16 (1)

Adalah Mark Gurman, seorang analis yang meungkapkan dalam sebuah berita di Bloomberg. Analis tersebut mengonfirmasi bahwa iPhone 16 dijadwalkan dirilis pada September 2024. Namun menurutnya, iPhone terbaru tersebut akan diluncurkan tanpa fitur andalan yaitu Apple Intelligence (Apple AI). Teknologi AI ini akan hadir satu bulan kemudian melalui update software atau pembaruan perangkat lunak.

Fitur Baru Apple iPhone 16

Gurman juga berbagi beberapa pengalaman pribadinya yang sudah mencoba fitur baru yang tersedia di iOS 18.1 beta, antara lain yaitu :

  • Apple Intelligence (Apple AI).

Menurutnya fitur Apple Intelligence saat ini hanyalah seperti fitur Siri dengan kemampuan yang lebih cerdas dan tampilan lebih ‘cantik’, bukan fitur baru yang lebih canggih yang biasa dulunya Apple hadirkan.

Selain itu Apple Intelligence dapat merekam panggilan dan menyalinnya secara otomatis, dan seluruh transkripsi akan tersedia setelah panggilan selesai. Apple Intelligence (Apple AI) merupakan respons terhadap produk serupa seperti Google Gemini, ChatGPT oleh OpenAI, dan Copilot Microsoft. Tapi tampaknya Apple perlu berbuat lebih banyak lagi untuk bisa menjadi pemimpin pasar teknologi ini.

apple iphone 16 (1)

  • New Message & Mail

Selain itu Gurman juga mengungkapkan ada aplikasi Message baru yang akan memiliki semacam fitur saran balas pesan (reply suggestion). Tapi menurutnya ini hanya merupakan versi terbaru yang sedikit ditingkatkan dari fitur yang sama yang telah ada sejak lama. Begitu juga dengan aplikasi Mail yang memiliki fitur serupa, tetapi dengan reply suggestion yang lebih panjang.

 

  • Reduce Interruptions Focus

Fitur baru lainnya yang kemungkinan akan dibawa iPhone 16 yaitu Reduce Interruptions Focus mode. Ini adalah semacam Do Not Disturb mode yang secara cerdas menentukan atau memilih notifikasi mana yang boleh masuk, seperti pesan teks dan email penting.

Baca juga : Apple Akan Meluncurkan iPhone Flip di 2026 ?

 

  • Reader Mode

Selain itu ada juga Reader Mode yang jika diaktifkan, maka browser Safari akan menampilkan ringkasan satu paragraf dari halaman web dan artikel yang dibuka.

 

  • Writing Tools

Fitur baru lainnya yaitu Writing Tools, yang bisa membuat teks lebih profesional dan lebih mudah, serta dilengkapi fitur pengoreksian.

 

Sebagai kesimpulan, Gurman menyebutkan berbagai fitur terbaru yang ada akan dibawa iPhone 16 terbaru tersebut kurang menarik. “Setidaknya bagi pengguna iPhone 14 Pro sepertinya tidak akan tertarik untuk ganti ke iPhone 16” ujarnya. Namun demikian, dia juga tidak memungkiri bisa saja banyak yang tertarik dengan iPhone 16 karena alasan gengsi dan akibat terjebak dalam kegembiraan dan strategi pemasaran Apple.