GadgetSquad.id – “Lebih sulit mempertahankan daripada mendapatkan”, ungkapan tersebut sering kita dengar, yang menggambar upaya untuk mempertahankan keberhasilan diperlukan upaya yang lebih keras, dibandingkan saat mendapatkannya. Dan dalam hal ini Telkomsel sukses melakukannya. Setidaknya dari perspektif saya sebagai salah pelanggan setia Telkomsel, operator nomor satu di Indonesia yang terus bertahan hingga kini dan sulit dilampaui.  

Saya pertama kali menggunakan smartphone sekitar tahun 2003. Dan simcard pertama yang digunakan yaitu Telkomsel. Dan saat ini atau setelah 22 tahun, saya masih menggunakan simcard Telkomsel dengan nomor yang sama.  

Tentunya ada alasan mengapa sudah selama itu masih tetap menggunakan nomor Telkomsel, di tengah berbagai penawaran menarik dari operator lain. Saya coba bagikan pengalaman akan hal itu, berikut ini : 

 

Jangkauan dan Kualitas Jaringan

Sudah sejak dari pertama kali menggunakan nomor Telkomsel, ada anggapan kalau Telkomsel menjadi operator yang paling luas jangkauannya. Dan ternyata itu bukan anggapan, tapi memang kenyataan. Selama 22 tahun menggunakan nomor Telkomsel dan berpergian ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan ke daerah terpencil, nomor Telkomsel selalu bisa terkoneksi ke jaringan. Ini membuat komunikasi bisa tetap lancar dilakukan. Termasuk melalui jaringan 5G terdepan dan terluas yang kini mencakup lebih dari 3.000 BTS di 56 kota/kabupaten.

Telkomsel Raih Ookla Speedtest Awards__1 (1)

Selain itu yang juga membuat nyaman, yaitu kualitas jaringan Telkomsel yang kencang dan stabil, baik itu akses 3F, 4G hingga 5G. Ini bukan isipan jempol, tapi saya merasakan selama ini. Dan untuk hal ini pun sudah diakui oleh secara resmi. Di mana Telkomsel kembali sukses meraih penghargaan internasional dari Ookla Speedtest Awards periode Q1-Q2 2025. Tidak tanggung-tanggung, ada 6 penghargaan yang berhasil diraih.  

Ookla Speedtest Awards adalah ajang penghargaan internasional yang mengapresiasi operator jaringan fixed dan mobile broadband di dunia berdasarkan hasil pengukuran jaringan oleh pengguna melalui aplikasi Speedtest®. Pengukuran ini mencakup kecepatan unduh dan unggah, cakupan layanan, hingga pengalaman pengguna dalam bermain games dan menikmati video streaming.

 

Layanan Pelanggan Memuaskan 

Dari layanan pelanggan yang masih berbasis SMS, Call dan outlet Grapari, saya sudah merasakan kenyamanan dan kepuasan layanan sebagai pelanggan Telkomsel. Apalagi kini layanan pelanggan Telkomsel terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. 

Kini layanan pelanggan Telkomsel sudah berbasis AI seperti AI Virtual Assistance dan AI Service Operations Center. Ini adalah berkat teknologi Hyper AI yaitu teknologi AI yang diimplemntasikan pada pada jaringan Telkomsel.

Dampak dari penerapan Hyper AI ternyata bisa dirasakan hingga ke sisi pelanggan. Sebelumnya sudah disebutkan berkat Hyper AI tingkat keluhan pelanggan telah mengalami penurunan hingga sebanyak 32%. Tapi ternyata dampaknya lebih dari itu.

Program Spesial GraPARI di Hari Pelanggan Nasional 2025_1 (1)

Berkat Hyper AI, Telkomsel menghadirkan asisten virtual berbasis AI untuk pelanggan individual (B2C: Veronika) dan pelanggan korporat (B2B: Ted). Asisten virtual ini memungkinkan pelanggan menyelesaikan keluhan secara mandiri dengan cepat dan akurat, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan efisiensi penyelesaian masalah.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga dapat menyediakan penawaran produk dan layanan yang lebih personal dan relevan, seperti yang diterapkan dalam aplikasi MyTelkomsel. Ini memungkinkan pelanggan menerima rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan.

 

Aplikasi MyTelkomsel

Ketika pertama kali menggunakan nomor Telkomsel di 2003, teknologi handphone masih belum secanggih sekarang. Belum ada yang namanya smartphone, yang bisa menjalankan sistem operasi sehingga bisa menginstall berbagai aplikasi .  

 Dan kini ketika era smartphone, Telkomsel tetap menjaga kedekatan dengan pelanggannya melalui aplikasi MyTelkomsel. Yang menarik Telkomsel terus meng-upgrade layanan yang ada di aplikasi MyTelkomsel, membuat pelanggan semakin dimudahkan dan dimanjakan dalam menggunakan smartphone.  

Bahkan kini MyTelkomsel sudah berrevolusi menjadi super app. Telkomsel meluncurkan My Telkomsel Super App terbaru. Aplikasi ini kini hadir menawarkan berbagai fitur unggulan seperti layanan digital lifestyle yang mencakup health, travel, payment, entertainment dan commerce, yang memungkinkan pelanggan untuk mencatat performa olahraga lari, memesan tiket transportasi dan mengecek status penerbangan, berbelanja serta pembayaran tagihan di dalam satu aplikasi, hingga menonton video, mendengarkan musik, membaca artikel dan bermain game secara langsung di dalam MyTelkomsel super app.

MyTelkomsel super app hadir membawa sejumlah peningkatan signifikan yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pelanggan dalam mengakses berbagai layanan Telkomsel. Tampilan yang lebih fresh, clean dan futuristic, di mana pengguna akan disuguhkan antarmuka yang lebih modern dan intuitif, memungkinkan mereka untuk merasakan pengalaman yang seamless dan nyaman ketika menggunakan aplikasi. Desain yang lebih bersih dan minimalis membuat navigasi menjadi lebih mudah dan efisien bagi pengguna.

 

Mengikuti Tren Digital Lifestyle

Ini yang juga saya rasakan menarik selama menjadi pelanggan Telkomsel, yaitu bisa menjangkau semua kalangan, dari berbagai generasi, melalui layanan dan konten yang mengikuti tren gaya hidup. 

Salah satu contohnya layanan dan konten digital lifestyle berupa penawaran menarik untuk akses ke konten film atau serial yang sedang tren, seperti Drakor, Dracin, hingga Netflix. Saya sebenarnya tidak terlalu gemar dengan konten tersebut, tapi istri dan anak perempuan saya justru paling senang dengan berbagai penawaran Telkomsel terkait dengan konten video tersebut. 

Seperti Telkomsel menyediakan “Promo Paket Netflix  Bundle Data Telkomsel” bagi pelanggannya. Dengan promo paket Netflix ini, Telkomsel memanjakan setiap pelanggan sehingga dapat menikmati hiburan digital dengan mudah dan terjangkau. Promo Paket Netflix ini berlaku bagi pelanggan Pascabayar Telkomsel maupun Prabayar Telkomsel yang ingin berlangganan Netflix. 

Promo Telkomsel Paket Netflix Bundle Data_1 (1)

Telkomsel juga pernah meluncurkan Paket Bundle Premium ShortMax, yaitu paket kuota khusus untuk mengakses konten video pendek dari platform hiburan digital ShortMax, serta menikmati pengalaman streaming yang lebih optimal dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pembelian melalui channel lai

Paket Bundle Premium ShortMax menghadirkan harga bundling yang lebih kompetitif, pelanggan kini dapat mengakses berbagai konten unggulan dari ShortMax—yang dikenal sebagai salah satu OTT terdepan di kategori micro drama dari genre komedi, romansa, thriller, hingga misteri.

Selain itu Telkomsel pernah menyediakan paket untuk nonton berbagai konten di WeTV melalui Paket SIMPATI Nonton. Seperti di ketahui WeTV menjadi platform hiburan yang tengah tren di Indonesia. Telkomsel menggandeng platform video streaming WeTV sebagai mitra strategis untuk menghadirkan Paket SIMPATI Nonton ini. 

buat kamu yang suka nonton Dracin, Telkomsel memberi penawaran “Paket Premium Bundle” menarik, hasil kolaborasi dengan layanan iQIYI. iQIYI adalah platform streaming yang menyediakan konten hiburan berkualitas dengan spesialisasi pada konten hiburan Asia, seperti drama populer Tiongkok, The White Olive Tree, Moonlight Mystique, dan Love Song in Winter.

Dalam kolaborasi antara Telkomsel dan iQIYI tersebut, pelanggan bisa memilih paket bundling Basic, Standard, atau Premium dengan masa aktif mingguan, bulanan, triwulanan, hingga tahunan.

 

Berbagai Program Berhadiah 

Untuk menjaga loyalitas pelanggannya, Telkomsel juga selalu menggelar berbagai program berhadiah. Yang paling rutin dilakukan yaitu program Telkomsel Poin, ini adalah program loyalitas untuk semua pelanggan Telkomsel dan IndiHome. Pelanggan bisa mengumpulkan poin dari aktivitas penggunaan layanan dan menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik seperti pulsa, kuota data, voucher belanja, saldo e-wallet, hingga merchandise eksklusif. Poin bisa ditukar melalui katalog di aplikasi MyTelkomsel.  

Ini Daftar Pemenang Telkomsel Poin Gembira Festival, Kamu Salah Satunya (1)

Selain itu, belum lama ini Telkomsel juga pernah menggelar  program undian bertajuk SIMPATI HOKI. Program undian Telkomsel SIMPATI HOKI dihadirkan untuk pelanggan SIMPATI lama maupun baru yang melakukan pembelian paket apapun selama periode 1 Juni – 31 Agustus 2025. Dalam program ini pelanggan berkesempatan memenangkan hadiah total senilai miliaran Rupiah. Semakin sering pelanggan membeli paket – baik internet, nelpon, combo, ataupun digital – semakin besar peluang menangnya.