GadgetSquad.ID – Akhir pekan lalu, sejumlah pengguna internet mengeluhkan lambatnya layanan milik XL Axiata. Bahkan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, juga mengeluhkan hal yang sama.
Di akun intstagram pribadinya, Kaesang minta saran operator dengan kualitas datanya paling ok, asal jangan yang “biru” (mengacu warna dasar XL).
Terkait keluhan tersebut, pihak XL mengklaim langsung membuat tindakan cepat
I Gede Darmayusa, VP Project Management Office XL Axiata, mengatakan, pihaknya mengakui jika sedang ada kendala.
“Kami komunikasi terus dengan Kaesang. Kami mengakui memang ada masalah dan tidak menutupinya,” kata I Gede.
“Dan kami jelaskan permasalahannya di mana. Tapi tadi beliau (Kaesang) sudah posting kalau koneksinya sudah lancar kembali,” lanjutnya
Lebih lanjut Gede memaparkan, masalah gangguan yang terjadi pada jaringan XL sepanjang hari kemarin, Minggu (16/7/2017), dikarenakan ada kabel fiber yang putus di dalam laut. Sehingga menyebabkan akses ke luar negeri jadi terganggu.
“Ada fiber cut (kabel optik putus) di laut, sehingga 30% kapasitas kami down,” ungkap Gede.
Saat ini XL masih berupaya untuk mendapatkan kapasitas dari rerouting dan lain-lain. Sehingga pengguna tidak merasakan dampak seperti Minggu kemarin.
Perbaikian kabel fiber sendiri butuh waktu dua minggu. Tapi Gede memastikan saat ini layanan internet XL sudah normal.