GadgetSquad.ID – Bagi Apple fan boy, pasti sudah pernah mendengar kabar seputar, kehadiran iPhone dengan Touch ID dan Face ID bawah layar sudah sejak lama. Nah, sepertinya rumor tersebut belum akan terwujud dalam waktu dekat.

Sebagaimana dilansir dari 9to5Mac, menurut analis Ross Young dari DSCC, iPhone dengan Face ID bawah layar harus diundur setidaknya satu tahun.

Young, meramal Apple akan meluncurkan iPhone pertama dengan pengenalan wajad di bawah layar pada tahun 2024. Namun karena harus diundur setahun, berarti iPhone dengan teknologi ini baru akan dirilis pada tahun 2025.

Jika apa yang diramalkan benar terjadi, iPhone 17 Pro yang rilis pada tahun 2025 kemungkinan akan menjadi iPhone pertama dengan Face ID di bawah layar.

Selain Face ID bawah layar, Apple juga sedang berencana mengembalikan Touch ID ke iPhone. Berbeda dengan Touch ID yang terakhir digunakan di iPhone 8, Apple ingin memindahkan sensor sidik jarinya di bawah layar.

Terkait kabar soal Touch ID, laman yang sama juga mengutip info yang disebarkan tipster yeux1122 di blog Naver, Apple sudah membuat beberapa kemajuan dalam pengembangan Touch ID bawah layar.

Laporan yeux1122 ini mengindikasikan Apple akan merilis Touch ID bawah layar dua atau tiga tahun setelah Face ID dipindahkan ke bawah layar. Artinya, kehadiran Touch ID bawah layar mungkin akan bergantung pada kesuksesan Face ID bawah layar.

Jadi kapan sejati semua teknologi itu bakal tersedia di iPhone?