Adrian Hia, Managing Director Kaspersky Asia Pasifik (kiri) & Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia (kanan)

GadgetSquad.id – Kaspersky mengumumkan peluncuran portofolio solusi konsumen (25/07/23). Lini produk yang diciptakan ini menghadirkan antarmuka dan pengalaman baru bagi pengguna di berbagai platform. Produk ini juga memperkenalkan berbagai fitur keamanan, privasi, kinerja, dan identitas.

“Pemantauan kami menunjukkan bahwa malware semakin menyebar melalui saluran yang sah seperti pasar resmi dan iklan di aplikasi populer. Ini berlaku untuk aplikasi penipuan dan malware mobile banking yang berbahaya. Sebenarnya ini merupakan tanda positif bahwa orang-orang sekarang sadar akan ancaman dunia maya namun kesadaran saja tidak cukup, idealnya harus diiringi dengan tindakan,” ungkap Adrian Hia, Managing Director Kaspersky Asia Pasifik.

Selain tantangan risiko dunia maya tersebut, Kaspersky juga melihat potensi masa depan yang menjanjikan dari kemajuan teknologi. Sebagai contoh, penerapan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) di Indonesia diprediksi akan menghasilkan nilai ekonomi hingga mencapai Rp 5.299 triliun.

“Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memiliki jawaban atas semua skenario yang mungkin terjadi, sehingga mereka dapat terus menjalani kehidupan digital dengan percaya diri – apakah itu ‘bertani emas’ di MMORPG favorit mereka, memperkenalkan anak-anak ke tablet pertama mereka, mengatur panggilan video untuk anggota keluarga yang lebih tua, atau sekadar ingin menjelajahi dan mencoba hal besar berikutnya seperti membangun rumah pintar atau mengikuti tur ‘metaverse’,” tambah Hia.

Paket Standar Hingga Premium

Lini produk baru yang telah disederhanakan ini dibagi menjadi beberapa paket, yaitu Kaspersky Standard, Kaspersky Plus, dan Kaspersky Premium. Rentang paket yang diperbarui sekarang adalah platform agnostik, dan masing-masing menyediakan perlindungan untuk berbagai jenis perangkat di Windows, Mac, iOS, dan Android.

Konsumen yang memilih Kaspersky Standard akan menerima fungsionalitas keamanan, termasuk perlindungan real time terhadap ancaman digital terbaru dan Safe Browsing & Anti-Phishing untuk memberikan perlindungan dari situs web berbahaya, unduhan, dan ekstensi. Paket Standar juga menawarkan kepada pengguna alat penghapus virus Pra-Kaspersky yang dapat menemukan dan menghapus virus yang mungkin masuk ke PC pengguna sebelum mereka menginstal Kaspersky. Selain itu, paket tersebut menyertakan Firewall dan Monitor Jaringan yang menunjukkan aplikasi mana yang terhubung ke internet.

Terdapat juga satu set lengkap alat kinerja, termasuk Quick Startup, PC Speed-up dan alat Disk Space Cleanup. Mode Game dan Do Not Disturb, yang diaktifkan secara otomatis selama bermain game, bekerja, atau saat streaming film di PC, memastikan pengalaman tanpa gangguan dan meminimalkan penggunaan sumber daya sistem, memungkinkan realokasi ke tugas yang lebih prioritas. Deteksi penguntit plus perlindungan webcam dan mikrofon adalah beberapa fitur privasi yang tersedia untuk pelanggan paket ini.

Untuk Kaspersky Plus, pengguna yang berlangganan paket ini akan mendapatkan akses ke semua yang tersedia di Kaspersky Standard plus VPN tanpa batas dan Pengelola Kata Sandi Premium. Mereka juga mendapatkan Pemeriksa Kebocoran Data, yang memantau internet dan web gelap, memperingatkan pengguna jika data pribadi mereka telah dikompromikan dan memberikan rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Selain itu, paket tersebut menyertakan password manager yang dapat meningkatkan perlindungan kata sandi dengan memeriksa status keamanan dan kerentanannya terhadap kebocoran. Di bawah paket Kaspersky Plus, pengguna juga dapat melihat perangkat mana yang terhubung ke jaringan rumah, fitur yang sangat berguna bagi pemilik teknologi rumah pintar.

Baca Juga: Cara Cegah Telepon Penipuan dan Spam Pakai Aplikasi Kaspersky

Paket yang paling kaya fitur, Kaspersky Premium. Pengguna mendapatkan semua  kemampuan paket sebelumnya dengan tambahan perlindungan identitas digital dan dukungan teknis premium dengan akses prioritas ke panggilan telepon atau layanan obrolan, bantuan instalasi dari pakar secara jarak jauh, dan pemeriksaan kesehatan PC pribadi. Untuk memberikan pertahanan identitas yang komprehensif, pengguna memiliki akses ke Dompet Perlindungan Identitas, yang menyimpan salinan data sensitif (seperti paspor atau SIM) dalam format terenkripsi untuk mencegah pencurian identitas dan memungkinkan Anda mengakses data dengan aman di semua perangkat yang dimiliki. Selain itu, semua pelanggan Kaspersky Premium akan mendapatkan langganan gratis Kaspersky Safe Kids selama satu tahun sebagai bonus, memberikan nilai tambah bagi orang tua.

Peningkatan dan Langganan UX

Antarmuka sepenuhnya telah didesain ulang dengan tujuan untuk meningkatkan interaksi pelanggan dalam aplikasi dan membuatnya lebih sederhana serta lebih mudah di seluruh area utama, pencegahan, pemantauan dan edukasi.

“Kami bangga dapat menghadirkan portofolio produk baru ini di Indonesia tahun ini. Risiko keamanan siber meningkat dan digitalisasi kehidupan tidak pernah senyata sekarang. Saat ini, solusi keamanan bukan hanya solusi antivirus PC, ini adalah ekosistem layanan keamanan yang komprehensif untuk platform dan perangkat apa pun, melayani kebutuhan pengguna manapun. Kami telah mengubah seluruh struktur antarmuka produk serta pengalaman bagi pengguna untuk membantu mereka memahami dan menghargai cakupan dari tingkat perlindungan yang kami tawarkan di seluruh area keamanan, kinerja, privasi, dan identitas. Menjaga kehidupan konsumen tetap aman dan private adalah prioritas Kaspersky dan kami bangga meluncurkan portofolio baru ini yang lebih dari sebelumnya, selaras dengan realitas lanskap ancaman dunia maya dan kebutuhan pelanggan kami,” komentar Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia.

Pengguna di Indonesia yang tertarik dengan lini produk baru Kaspersky dapat membeli di https://www.tokopedia.com/kaspersky-id?source=universe&st=product dengan diskon 15% di promo 8.8.