Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah merambah ke berbagai sektor, termasuk industri teknologi. Salah satu perangkat yang paling merasakan dampaknya adalah laptop. Integrasi AI ke dalam laptop telah membawa perubahan signifikan dalam cara kita bekerja, belajar, dan berkreasi.

Lenovo Yoga Slim 7x merupakan laptop inovatif yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna. Sebagai Copilot+ PC generasi pertama, laptop ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang didukung oleh prosesor Snapdragon X Elite dan Lenovo AI Core.

Lenovo juga merancang laptop ini untuk bisa meningkatkan produktivitas penggunanya, khususnya bagi para kreator, Ya, dengan laptop memungkinkan penggunanya untuk dapat mempercepat tugas-tugas seperti mengedit, merender, dan memproses, sehingga memberi mereka lebih banyak waktu untuk fokus pada karya kreatif mereka, di mana pun berada.

Dengan penyempurnaan terbaru dari Microsoft dan Copilot+, serta dukungan Lenovo AI Core yang bekerja sama dengan Qualcomm HexagonTM NPU (neural processing unit) dari prosesor Snapdragon X Elite, pengguna kini dapat mengakses kemampuan Large Language Model (LLM) yang menciptakan fitur-fitur beragam, bahkan saat tidak terkoneksi internet, sehingga menawarkan produktivitas dan kreativitas tanpa batas.

Cocreator

Wujudkan kreativitas tak terbatas dengan Cocreator Fitur AI yang terintegrasi dalam laptop Lenovo Yoga Slim 7x ini telah membuka dunia kreativitas yang tak terbatas, di mana setiap orang dapat menjadi seniman dan mengeksplorasi potensi kreatif mereka secara maksimal. Salah satu fitur menonjolnya adalah Cocreator, alat inovatif yang mengubah teks menjadi karya seni visual, sehingga memudahkan siapa pun mewujudkan ide kreatif mereka.

Dengan memanfaatkan kekuatan Neural Processing Unit (NPU), Cocreator yang ada di Microsoft Paint mampu menerjemahkan bahasa manusia menjadi visual yang menakjubkan. Cukup berikan prompt atau perintah yang jelas dan detail, seperti “Buatkan robot sedang berdiri sendiri di tengah hutan”, dan AI akan menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi tersebut.

Selain prompt teks, Cocreator juga dapat menginterpretasikan sketsa kasar yang dibuat pengguna untuk menggambarkan visual yang mereka inginkan. Untuk membuat sketsa tersebut, pengguna dapat memanfaatkan alat-alat yang tersedia dalam aplikasi Paint seperti kuas, warna serta cat.

Gambar AI yang dihasilkan oleh Cocreator juga dapat dikontrol oleh pengguna. Fitur-fitur yang tersedia di bagian Cocreator memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi lebih lanjut terhadap gambar yang dihasilkan AI tersebut, antara lain:

  • Creativity: Dengan menggeser slider Creativity ke kanan, akan menambahkan lebih banyak detail yang dihasilkan AI. Menggeser ke kiri, akan mengurangi detail yang dihasilkan oleh AI, menghasilkan gambar yang sangat mirip dengan sketsa awal.
  • Style: Apabila visual yang dihasilkan tidak cukup mirip dengan yang pengguna bayangkan, fitur Style dapat mentransformasi tampilan dan nuansa seni sepenuhnya menggunakan preset yang bervariasi.

Live Captions

Fitur canggih selanjutnya yang ada di laptop Copilot+ PC Lenovo Yoga Slim 7x adalah Live Captions. Untuk membuat lebih banyak konten dapat diakses oleh lebih banyak orang, Fitur ini mampu menerjemahkan secara real time, menerjemahkan siaran langsung atau rekaman video apa pun di aplikasi atau platform video dari 44 bahasa ke dalam bahasa Inggris secara instan.

Live Captions dapat bekerja tanpa koneksi internet sehingga memudahkan pengguna dalam kondisi apapun. Pengguna dapat mengaktifkan audio mikrofon mereka, sehingga fitur ini juga dapat menerjemahkan percakapan langsung di sekitar laptop. Ketika audio terdeteksi, bilah terjemahan akan muncul di bagian bawah, atas ataupun tengah layar, mengikuti kustomisasi penggunanya.

Windows Studio Effect

Tidak perlu lagi lampu tambahan, lensa mahal, atau ruangan kedap suara saat menggunakan Yoga Slim 7x. Dengan bantuan Windows Studio Effects yang didukung oleh MIPI IR webcam, pencahayaan panggilan video akan secara otomatis ditingkatkan dan suara bising di latar belakang hilang secara efektif – cocok untuk presentasi penting dengan klien.

Windows Studio Effects dirancang untuk meningkatkan kualitas video dan audio selama panggilan video atau perekaman konten. Dengan memanfaatkan kemampuan AI pada Copilot+ PC dan perangkat Windows 11 tertentu dengan NPU lebih dari 40 TOPS, seperti Yoga Slim 7x, efek ini dapat membuat video tampak lebih profesional dan menarik, sekaligus memastikan audio yang jernih dan bebas gangguan.

Laptop Lenovo Yoga Slim 7x ini juga dilengkapi dengan layanan 3 tahun Lenovo Premium Care dan 3 tahun Accidental Damage Protection (ADP). Dengan Premium Care, konsumen memiliki dukungan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dari teknisi ahli Lenovo untuk setiap kendala yang dialami pada laptopnya.

Di sisi lain, ADP dapat diklaim lebih dari satu kali untuk kerusakan laptop yang tidak disengaja, tumpahan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak. Semua perbaikan dilakukan oleh teknisi terampil menggunakan suku cadang yang bersertifikasi oleh Lenovo. Kedua layanan ini tersedia untuk produk Lenovo bergaransi resmi yang dibeli di Lenovo Official & Authorized Store.