GadgetSquad.ID – Kendaraan listrik (EV), dengan segala keunggulannya memang sangat menggoda untuk dimiliki. Di Indonesia sendiri, ekosistem EV juga terus tumbuh. Kondisi tersebut direspon Telkomsel dengan sebuah terobosan.

Telkomsel resmi berkolaborasi dengan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MAB), mengembangkan ekosistem EV yang ramah lingkungan.

Kolaborasi tersebut diresmikan melalui penandatangan Nota Kesepahaman (MoU), yang dilakukan di ajang Periklindo Electric Vehicle Conference 2024, di Bali 12 September 2024.

Nyoman Adiyasa, VP Area Account Management Telkomsel, menerangkan, jika Telkomsel berharap kerja sama dengan MAB dapat mempercepat pengembangan ekosistem EV yang lebih efisien dan ramah lingkungan di berbagai sektor.

Ke depan, Telkomsel juga akan mengembangkan kolaborasi guna mengakselerasi perkembangan industri Electric Vehicle dengan MAB untuk penyediaan solusi digital unggulan lainnya, seperti konektivitas yang mencakup telematik dan hiburan, hingga pemantauan kondisi kendaraan dan lokasi pengisian daya langsung dari dashboard.

“Kami percaya pasti ada solusi untuk setiap tantangan menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terhubung dan berkualitas, sejalan dengan komitmen kami untuk transformasi digital yang berkelanjutan di seluruh Indonesia,” tegas Nyoman Adiyasa.

Kelik Irwantono, Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa Indonesia, mengatakan, kemitraan strategis ini adalah langkah penting dalam mempercepat transformasi industri otomotif Indonesia menuju energi bersih dan berkelanjutan.

“Dengan dukungan solusi digital dari Telkomsel, MAB yakin mampu menghadirkan kendaraan listrik berkelas dunia yang tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.”

Dalam prosesnya, kolaborasi ini akan menggabungkan solusi teknologi seluler terkini dari Telkomsel dengan keunggulan MAB dalam menyediakan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya.

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional, Telkomsel akan menyediakan konektivitas yang andal, layanan inovatif, dan solusi berbasis teknologi, termasuk Internet of Things (IoT) dan broadband untuk meningkatkan efisiensi operasional kendaraan listrik.

Dengan memperkuat ekosistem EV yang lebih ramah lingkungan, Telkomsel pun berharap dapat mendukung kontribusi nyata terhadap pencapaian target netralitas karbon Indonesia 2060.