GadgetSquad.id – OPPO menjadi penguasa nomor 1 untuk pangsa pasar hape 5G di Indonesia. Hal ini berdasarkan laporan yang dirilis oleh lembaga riset IDC pada kuartal kedua tahun 2022.

OPPO Indonesia8

Pada kuartal kedua 2022 (April, Mei, Juni 2002) berhasil menguasai market share hape 5G di  Indonesia dengan pangsa pasar 20.6%. Angka ini naik 1,5% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun lalu. Kenaikan ini dapat dibilang cukup signifikan dalam kondisi ekonomi global yang kurang begitu baik, inflasi yang tergolong tinggi dan kenaikan suku bunga yang tentunya bisa mempengaruhi minat konsumen dalam membeli perangkat baru. 

Segmen kelas menengah memang menjadi salah kontribusi terbesar OPPO di pasar smartphone tanah air, memberikan hamper 30-40% kontribusi. Di kuartal kedua ini seri Reno7, OPPO A96 juga memberikan kontribusi market share yang cukup tinggi,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Strategi Hape 5G OPPO

Keberhasilan OPPO menjadi pemuncak pangsa pasar hape 5G di Indonesai pada kuartal 1 2022, berkat strategi jitu yang dilakukannya. OPPO melepas cukup banyak smartphone kelas menengah yang ternyata sukses menjadi faktor pendukung kenaikan pangsa pasar OPPO di kuartal kedua tahun 2022 ini.

OPPO bisa dikatakan cukup kuat menguasai pasar hape 5G pada rentan harga 2,9 juta hingga 5,9 juta rupiah. Bahkan menurut IDC, 46,9% total pengiriman smartphone OPPO di 2022 berada pada segmen harga tersebut.

Strategi yang sama masih akan dilakukan OPPO untuk memingkatkan pasar hape 5G OPPO di Indonesia pada kuartal selanjutnya. Salah satunya dengan meluncurkan produk terbaru lini seri OPPO Reno8 yang baru saja dilakukan pada Agustus yang lalu. 

Baca juga : Ulang Tahun ke-18, Begini Cara OPPO Merayakannya

“OPPO sangat optimis pangsa pasar hape 5G akan meningkat pada kuartal mendatang setelah kehadiran lini seri Reno8, apalagi ada 3 Perangkat 5G pada lini seri Reno8: Reno8 5G, Reno8 Z 5G dan Reno8 Pro 5G jika dibandingkan dengan lini seri Reno7 yang hanya menghadirkan dua perangkat 5G saja. Selain itu untuk memperkuat pasar pada kuartal mendatang, OPPO siap menghadirkan beberapa kelas menengah yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” tambah Aryo.

Selain menghadirkan perangkat hape 5G baru melalui lini seri Reno8 di Indonesia, OPPO juga berencana menghadirkan beberapa perangkat IoT baru untuk mendukung ekosistem. Dua diantaranya yang sudah diluncurkan adalah True Wireless Stereo (TWS) OPPO Enco Buds2 dan OPPO Enco Air2 Pro, sementara perangkat lain berupa gelang kesehatan OPPO Band 2 dan perangkat tablet pertama OPPO Pad Air yang diperkirakan diperkenalkan di kuartal akhir tahun 2022.