GadgetSquad.id – Alibaba Group menegaskan komitmennya untuk mempercepat adopsi AI generatif di Indonesia. Terbaru, Alibaba Group menggelar “Indonesia AI Conference 2024” di Raffles Hotel, Jakarta (10/07/2024).

Pada acara ini, banyak menghadirkan perangkat pengembangan AI, dan meluncurkan program pelatihan bakat digital AI terbaru. Upaya ini bertujuan untuk memberdayakan bisnis dan masyarakat Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang besar yang ditawarkan oleh teknologi terkini.

“Alibaba Cloud berkomitmen untuk mempercepat inovasi dan adopsi AI di Indonesia,” kata Sean Yuan, General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence. “Dengan membangun ekosistem AI yang kolaboratif, menyediakan perangkat pengembangan canggih, dan membina talenta-talenta lokal, Alibaba Cloud bertekad mendorong perjalanan Indonesia menjadi pemimpin dalam ruang AI generatif,” tambah Yuan.

Ada tiga bahasan yang diulas pada Indonesia AI Conference 2024 kali ini yang berdasarkan laporan terbaru “Alibaba Cloud: 2024 Guidebook to AI Solutions for Indonesia”, yaitu kemampuan model dasar yang canggih, pengembangan software mutakhir untuk pemanfaatan large language model, dan solusi infrastruktur yang hemat biaya.

Baca Juga: Jack Ma Bocorkan Rahasia Sukses di Bisnis Digital

“Untuk membantu pelanggan kami lebih baik dalam memanfaatkan kekuatan AI generatif dan meningkatkan adopsi kemajuan teknologi, kami akan berfokus dalam menyediakan lebih banyak sumber daya AI yang lebih komprehensif melalui ekosistem lokal kami yang berkembang, alat dan solusi baru yang mempermudah pembuatan aplikasi, serta daya komputasi AI yang lebih mudah diakses dan hemat biaya,” tambah Yuan.

Alibaba Cloud juga memperkenalkan tiga mitra baru meraka untuk menambah ekosistem AI, yaitu:

  1. Lenna.ai: Merevolusi pengalaman pelanggan untuk berbagai merek melalui solusi berbasis AI yang canggih.
  2. Xquisite.ai: Menyediakan solusi pengalaman pelanggan yang didorong AI untuk meningkatkan interaksi dan mendorong pertumbuhan bisnis.
  3. Mapid: Menghubungkan berbagai data spasial dari sumber terpercaya untuk memberikan wawasan analisis lokasi optimal, membantu bisnis dengan visualisasi yang ditingkatkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Alibaba Cloud menawarkan dua layanan pengembangan AI terbaru untuk ekosistem AI di Indonesia. Pertama, Model Studio, yaitu platform AI generatif komprehensif yang didukung oleh Large Language Models (LLMs) Qwen milik Alibaba Cloud; kedua, adalah solusi AI Khusus Industri, seperti chatbot percakapan yang didukung LLM untuk e-commerce dan solusi avatar digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Alibaba Cloud juga menjalin kemitraan dengan Kartu Prakerja. Kolaborasi ini bertujuan untuk membekali dan membentuk angkatan kerja Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan yang esensial di ekonomi era digital.