GadgetSquad.ID – “Pelanggan adalah raja”, kamu pasti pernah dengan istilah tersebut. Begitu besarnya arti pelanggan bagi sebuah perusahaan, di Indonesia setiap tanggal 4 September, diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Biasanya tempat di tanggal tersebut, berbagai perusahaan di Tanah Air, apalagi yang bersentuhan langsung dengan konsumen, memberikan penawaran special.
Selain penawaran special, ada juga yang memberikan undian menarik, bahkan tak jarang di saat Hari Pelanggan Nasional para petinggi perusahaan, turun langsung melayani konsumen setia mereka. Hal ini tentu saja sebagai bentuk apresiasi perusahaan, kepada pelanggan setianya. Langkah tersebut pun dilakukan Telkomsel.
Mengusung tema “Semangat Melayani Indonesia”, pada Hari Pelanggan Nasional 2025 ini, operator terbesar di Tanah Air itu berusaha mengedepankan dedikasi dan energinya dalam melayani sepenuh hati, memberikan pelayanan terbaik dan inovatif bagi seluruh pelanggan.
Salah satunya menghadirkan berbagai program spesial di titik layanan pelanggan GraPARI di seluruh Indonesia. Para pelanggan bisa mencicipi program menarik di GraPARI, termasuk pengalaman 5G yang edukatif dan interaktif, voucher khusus untuk transaksi di MyGraPARI dan GraPARI Online, serta layanan instalasi IndiHome satu hari selesai bagi pelanggan baru.
Kemudian bagi pelanggan baru Telkomsel Halo dan pelanggan yang membeli produk Orbit akan mendapatkan beragam e-voucher yang menarik. Tersedia pula tambahan kuota 4 GB bagi pelanggan yang membayar tagihan pada 4 September, penawaran diskon tagihan Halo, serta penawaran Device Bundling khusus melalui Device Corner TShop di sejumlah GraPARI.
Inisiatif ini menjadi wujud nyata apresiasi kepada pelanggan setia yang telah mendukung dan tumbuh bersama Telkomsel, sekaligus menegaskan komitmen Telkomsel untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Tak cukup sampai disitu, di momen spesial itu, Telkomsel mengumumkan 13 pelanggan beruntung sebagai pemenang Grand Prize berupa mobil listrik BYD Dolphin dalam program undian SIMPATI HOKI. Pengumuman ini sekaligus menandai berakhirnya program undian yang telah berlangsung sejak 1 Juni hingga 31 Agustus 2025.
Tapi apakah itu sudah cukup? Apakah service terhadap pelanggan yang dilakukan Telkomsel hanya sebatas seremonial dan bagi-bagi hadiah?
Jawabannya tentu tidak bro. Telkomsel selama ini terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Yup, sebagai digital enabler, Telkomsel terus berinovasi agar selalu bisa, memberikan layanan terbaik bagi pelanggan setianya yang notabene sebagai raja.
Dalam senyap, tanpa kamu sadari atau tidak, sepanjang 2025 ini Telkomsel sudah banyak menawarkan solusi berkelas, yang sangat fungsional.
Apa saja solusi keren tersebut? Yang pasti solusinya sangat beragam tak hanya untuk end user, tapi juga untuk B2B.
Solusi B2B Semakin Lengkap
Sebagai bagian dari komitmen Telkomsel Enterprise untuk terus memperkuat portofolio solusi B2B, Solution Day 2025 meluncurkan empat solusi digital terbaru:
Telkomsel QRIS Soundbox – Solusi pembayaran aman dengan konfirmasi suara real-time, konektivitas stabil Telkomsel, dan QR dinamis yang mendukung adopsi luas serta masa depan pembayaran digital Indonesia.
SiteSense – Platform location intelligence berbasis data besar mobilitas dan demografi Telkomsel yang didukung analitik spasial terdepan, memungkinkan evaluasi lokasi bisnis secara real-time untuk mendukung studi kelayakan, ekspansi distribusi, hingga pengembangan properti.
Telkomsel LinkCar – Platform real-time untuk kendaraan berbasis jaringan Telkomsel, memungkinkan pemantauan, pelacakan, efisiensi operasional, hingga akses hiburan demi mendukung ekosistem kendaraan yang lebih terintegrasi dan cerdas.
Savia – Solusi percakapan cerdas dari Telkomsel yang membantu bisnis menjangkau pelanggan secara aman dan efisien, dengan kemampuan skalabilitas tinggi untuk menangani interaksi pelanggan dalam volume besar, sekaligus mendorong produktivitas dan hasil yang terukur di berbagai industri.
Akses 5G diperluas
Disini lain terobosan tak kalah keren juga diberikan Telkomsel, untuk menambah kenyaman pelanggan B2C, dalam menikmati akses koneksi terkini.
Komitmen tersebut, tercermin dari perluasan jaringan 5G secara contiguous yang diperkuat dengan pemanfaatan AI secara end-to-end di 56 kota/kabupaten sepanjang akhir 2024 hingga 2025, termasuk wilayah strategis seperti Bandung, Batam, Makassar, Surabaya, Jabodetabek, Bali, hingga Ibu Kota Nusantara, dengan dukungan lebih dari 3.000 BTS 5G.
Solusi Cegah Kejahatan Cyber
Tak berhenti di situ, sadar akan kejahatan berbasis teknologi yang semakin marak di Indonesia. Telkomsel pun tak ingin pengguna setianya menjadi korban kejahatan cyber. Oleh karena itu di tahun 2025, Telkomsel juga memberi solusi menarik, untuk mencegah kejahatan cyber menimpa pelanggan setianya.
Solusi tersebut diberi label “Telco API Alliance”. Solusi tersebut hadir dari kolaborasi Telkomsel, dengan operator lain di Tanah Air. Telco API Alliance secara bertahap akan menghadirkan enam solusi, yang sebagian besar fokus untuk meningkatkan keamanan pelanggan dari peretasan akun atau penipuan. Enam solusi tersebut yakni:
– Telco API Active Inactive: Memeriksa status keaktifan nomor dan registrasi pelanggan.
– Telco API MNV: Memvalidasi gawai melalui verifikasi nomor dan jaringan.
– Telco API SIM Swap: Mendeteksi aktivitas mencurigakan pada kartu SIM untuk mencegah pembajakan nomor dan pengambilalihan akun.
– Telco API Device Location: Memeriksa lokasi gawai dalam jarak geografis tertentu.
– Telco API Recycle Number: Melakukan verifikasi saat ada perubahan kepemilikan nomor sehingga nomor bekas tidak disalahgunakan.
– Telco API Scam Signal: Menganalisis jaringan data secara real-time untuk mendeteksi potensi penipuan transfer dana pada transaksi bisnis.
Apalah semua solusi sudah cukup? Semua itu relatif, satu yang pasti komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan dan inovasi terbaik kepada “sang raja”, tidak akan berhenti