GadgetSquad.ID – Segmen enterprise di bisnis teknologi informasi (ICT) secara global, semakin menjanjikan. Kondisi tersebut tentu tidak mau dilepaskan begitu saja oleh Telkom.
Nah, merespon peluang yang begitu terbuka, Telkom pun telah memetakan target B2B Going to Digital IT Market, di sektor enterprise.
Bermodal pemetaan yang dibuat, Telkom pasang target, untuk mendapat pasar enterprise dan mendorong pencapaian kontribusi >30% dalam 5 tahun ke depan.
Bagaimana agar target tersebut tercapai?
Direktur Enterprise & Business Service, Veranita Yosephine, bersama Direktur IT Digital, Faizal R. Djoemadi, menyampaikan, sebagai digital transformation enabler, Telkom telah menghadirkan integrated digital ecosystem, antara lain melalui layanan Connectivity+, Internet of Things (IoT), Cybersecurity, dan Artificial Intelligence (AI).
Nantinya, Connectivity+ dari Telkom diharapkan bisa memberikan nilai tambah yang memicu pertumbuhan pelaku usaha B2B dengan dukungan konektivitas komprehensif yang relevan dengan kebutuhan bisnis.
Beberapa produk seperti SDWAN, Astinet, HSI, Metro-E, IP Transit, hingga VPN IP yang terintegrasi dengan keamanan jaringan dalam satu layanan (Secure Access Service Edge/SASE), bisa menjadi solusi bisnis untuk akses jaringan yang lebih cerdas, cepat dan fleksibel di seluruh Indonesia.
Sementara di layanan IoT, Telkom menghadirkan solusi digital untuk menciptakan peluang bagi pebisnis dengan memudahkan integrated device management yang dikelola melalui port terpusat untuk kemudahan kendali lintas lokasi.
Telkom juga menghadirkan inovasi berbasis AI untuk monitoring perangkat secara real-time, analisis sentimen publik dan kampanye digital, pengolahan visual big data, hingga peninjauan dokumen cepat dan aman.
AI ini juga dioptimalkan untuk personalisasi komunikasi dan pendidikan digital melalui platform seperti Netmonk, OCA, dan Pijar Sekolah.
Veranita berharap inovasi berkelanjutan yang dibarengi dengan penyempurnaan proses bisnis dapat memperkuat sinergi di semua entitas TelkomGroup untuk mencapai target kontribusi.
“Dengan ekosistem digital yang komprehensif, Telkom tidak hanya menjadi digital transformation enabler bagi enterprise dan pebisnis di Indonesia, juga punya peran strategis untuk mendorong tumbuh kembang ekonomi nasional hinga ke pelosok, melalui engagement dengan business partners dan fokus menghadirkan tailored solutions, salah satunya automation pekerjaan yang masih manual.” tukas Veranita.