Ponsel Unggulan Xiaomi Berikutnya Dikabarkan Punya Kamera 200 MP

GadgetSquad.id – Pekan lalu, Samsung mengumumkan sensor ponsel 200 MP pertama di dunia, ISOCELL HP1. Dikatakan sudah mulai mengirimkan sensor ke produsen, tapi tidak mengatakan produsen yang mana.

Namun, kebocoran baru telah mengungkapkan Xiaomi kemungkinan besar adalah salah satu produsen seperti itu karena bekerja pada ponsel dengan 200 MP. Tahun depan, Xiaomi diperkirakan akan melanjutkan seri Mi 11 dengan Xiaomi 12, dan salah satu modelnya akan memiliki dua kamera utama, salah satunya adalah sensor 200 MP.

Infonya dari leaker Cina, Digital Chat Station, yang mengungkapkan detailnya di Weibo. Dalam kata-katanya, flagship generasi berikutnya Xiaomi akan memiliki solusi kamera ganda 200 MP dan 50 MP.

Mengingat Samsung adalah satu-satunya produsen kamera yang telah mengumumkan sensor 200MP, dapat dikatakan bahwa Xiaomi akan menggunakan sensor ISOCELL HP1. Dan flagship generasi berikutnya adalah ponsel dalam seri Xiaomi 12.

Postingan itu juga mengungkapkan bahwa Xiaomi akan terus menggunakan sensor 108 MP dan 64 MP untuk ponsel kelas menengah dan kelas atas. 

Tidak mengherankan jika Xiaomi berencana meluncurkan ponsel dengan kamera 200 MP. Mi CC9 Pro adalah ponsel pertama dengan sensor 108 MP, sehingga masuk akal bahwa Xiaomi akan ingin menjadi salah satu yang pertama untuk meluncurkan ponsel dengan kamera 200 MP. 

Sensor bernama ISOCELL HP1 ini memiliki pixel berukuran 0,64μm. Dalam kondisi pencahayaan yang terang, sensor ini bisa digunakan untuk mengambil foto berukuran 200 MP.

Seperti dikutip dari Android Authority, pada kondisi minim cahaya, sensor ini akan memanfaatkan teknologi pixel-binning bernama ChameleonCell. Teknologi tersebut, memungkinkan sensor untuk menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel besar.