GadgetSquad.ID – Selamat buat Apple fan boy yang sudah menunggu kehadiran iPhone terbaru. Ucapkan selamat datang kepada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang resmi, diperkenalkan di ajang Apple Event.

Kedua hape itu, hanya membawa sedikit perubahan dari segi tampilan, tapi performanya diklaim meningkat secara signifikan.

Ok tanpa banyak basa basi yuk kita intip apa saja yang istimewa dari iPhone 16 dan 16 Plus.

Spesifikasi layar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, masih setia dengan panel OLED. iPhone 16 memiliki ukuran layar 6,1 inch, sementara iPhone 16 Plus hadir dengan display 6,7 inch.

Kedua layar ini mendukung teknologi Super Retina XDR, HDR, dan memiliki lapisan pelindung oleophobic serta kaca keramik yang tahan gores.

Lalu tingkat kecerahan maksimalnya adalah 2000 nits, dan tingkat kecerahan terendahnya adalah 1 nits.

Dapur pacu kedua hape baru ini ditenagai oleh chipset A18 Pro yang powerful. Apple mengklaim peningkatannya mencapai 30% lebih kencan dibanding CPU iPhone 15.

Kemampuan grafisnya meningkat 45% dari generasi sebelumnya, dan jauh lebih hemat, hingga 30% lebih hemat ketimbang sebelumnya.

Lanjut ke kamera sob. Duo iPhone terbaru ini dibekali kamera belakang ganda, lensa utamanya 48MP berteknologi Sensor-shift OIS untuk stabilisasi gambar yang lebih baik.

Masih di bodi belakang ada kamera kedua dengan lensa ultra-wide 12MP. Kamera depan 12MP berteknologi Time-of-Flight (ToF).

Walau tampilannya gak berbeda jauh dengan seri sebelumnya, desain iPhone teranyar ini tetap elegan. Pada bagian belakang berlapis material kaca dan bingkai aluminium.

Keduanya juga memiliki sertifikasi tahan air dan debu IP68. Fitur keamanan Face ID tetap menjadi andalan, dengan teknologi pengenalan wajah 3D yang akurat dan cepat.

Untuk konektivitas, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendukung Bluetooth 5.4, Wi-Fi 6E, dan USB Type-C. Keduanya juga mendukung pengisian daya cepat dan pengisian daya nirkabel MagSafe.

Sayangnya, seperti model sebelumnya, kedua model ini tidak memiliki jack headphone 3,5 mm.

Fitur menarik lainnya, menu Visual intelligence kini dihadirkan lewat tombol Camera Control di iPhone 16.

Fitur ini memudahkan pengguna mencari apapun dengan cukup menekan tombol Camera Control akan langsung menampilkan hasilnya.

Camera Control ini juga bisa dipakai untuk mengontrol kamera saat beroperasi, yaitu mengatur zoom saat kamera sedang dibuka. Caranya dengan menekan dan menggeser jari pada tombol tersebut.

iPhone 16 diklaim bakal lebih nyaman saat digeber nge-gim. Hape tersebut sudah punya sistem pendingin membuat, performa tetap terjaga 30% dari sebelumnya dan peningkatan ray tracing membuat frame rate 5x lebih baik.

Bagaimana soal harga, apakah konsumen di Indonesia harus “jual ginjal” untuk mendapatkan salah satu dari duo iPhone 16?

iPhone 16 dijual dengan harga mulai USD 799 atau Rp 12,3 juta untuk varian 128GB, dan iPhone 16 Plus dijual dengan harga mulai USD 899 untuk versi 128GB.