GadgetSquad.id – Ponsel andalan Apple, iPhone andalan akan segera datang, kemungkinan akan disebut iPhone 13. Ponsel baru yang diprediksi dirilis pada September ini memiliki fitur yang secara otomatis mengaburkan latar belakang rekaman sebagai bagian dari mode portrait video baru.

Sebagaimana dilaporkan Bloomberg, fitur “Video Sinematik” ini dikatakan sebagai salah satu dari tiga fitur utama kamera baru yang hadir di iPhone tahun ini. Dua lainnya adalah dukungan untuk perekaman video ProRes, dan opsi pengeditan baru untuk foto. 

Peningkatan tersebut bergabung dengan peningkatan kamera lain yang diyakini akan segera hadir untuk ponsel tahun ini. November lalu, analis Apple yang andal Min-Chi Kuo mengatakan bahwa kamera ultra-wide ponsel akan ditingkatkan, dengan aperture yang lebih besar untuk fotografi cahaya rendah yang lebih baik. 

Selain itu, dukungan ProRes akan sangat membantu untuk editor video, memberi pengguna kontrol lebih besar atas rekaman setelah diambil. Kedatangannya yang dikabarkan mengikuti penambahan dukungan ProRAW ke jajaran iPhone Apple tahun lalu, yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas saat mengedit foto.

Ponsel iPhone tahun ini juga akan memiliki fitur pengeditan gaya filter baru, yang memungkinkan pengguna memilih gaya untuk diterapkan pada foto mereka. Tidak seperti filter, fitur baru ini akan menerapkan perubahan pada elemen tertentu di dalam foto, bukan secara seragam di seluruh bidikan 

Kabar lainnya, dikatakan ponsel dapat memiliki refresh rate yang lebih cepat, menggemakan rumor sebelumnya bahwa model Pro tahun ini dapat memiliki tampilan LTPO 120Hz. Semua model iPhone 13 dapat memiliki notch layar yang lebih kecil, serta dorongan tradisional untuk kekuatan pemrosesan dengan chip A15 baru.

Namun, pembaruan tahun ini akan “sederhana,” dan akan ada variasi model dan ukuran layar yang sama seperti yang terlihat tahun lalu. 

Laporan tersebut tidak menunjukkan kapan iPhone baru akan diumumkan, tapi Apple cenderung mengumumkan ponsel andalannya pada bulan September setiap tahun (pengecualian tahun lalu, ketika diumumkan pada Oktober karena pandemi). Produk Apple baru lainnya yang diperkirakan sedang dalam proses termasuk MacBook Pro baru Apple Silicon, Apple Watches, AirPods, dan iPads.