GadgetSquad.id – Dengan TSMC mendorong untuk meluncurkan chip proses GAA 3nm, Samsung Electronics mengikuti di belakang dengan teknologi pembuatan chip 3nm sendiri. Meskipun TSMC memegang sebagian besar pasar produksi chip, raksasa teknologi Korea Selatan itu juga mengincar pemain utama karena hanya sedikit pelanggan pertamanya untuk proses  3nm.

Menurut laporan DigiTimes, perusahaan secara aktif mencari pesanan untuk proses chip 3nm. Selain itu, spekulasi mengklaim bahwa AMD dan Qualcomm mungkin menjadi salah satu pelanggan pertama dari proses mutakhirnya yang baru.

Daftar merek besar tidak berhenti di situ karena perusahaan Korea Selatan itu juga menargetkan menerima pesanan dari Nvidia. Khususnya, ini menandai peningkatan intensitas perlombaan chip 3nm, karena baik TSMC (yang merupakan pembuat chip kontrak terbesar di dunia) dan Samsung mendorong untuk meluncurkan teknologi masing-masing ke pasar.

Sampai sekarang, TSMC telah memulai produksi percontohan teknologi proses 3nm. Selain itu, perusahaan itu juga berencana untuk memulai produksi massal untuk teknologi chip canggihnya pada kuartal keempat tahun depan, demikian dilancir Gizmochina.

Namun, sumber yang dekat dengan masalah itu juga menemukan bahwa Qualcomm, AMD, dan pemain kunci lainnya dalam industri menunjukkan minat mereka pada proses 3nm Samsung. Yang pertama bersiap untuk proses 3nm yang menggunakan arsitektur FinFET sementara yang terakhir akan meluncurkan proses berbasis arsitektur GAA.

Dengan kekurangan semikonduktor global yang sedang berlangsung, tidak mengherankan jika merek-merek besar mencari pembuat chip lain untuk produk mereka. Nvidia, AMD, dan Qualcomm dikenal sebagai klien TSMC. Jadi peralihan ke Samsung menandai langkah besar dalam industri karena perusahaan juga mengincar untuk mengamankan pasokan chip 3nm.