GadgetSquad.ID – Sebuah milestone diraih Telkomsel dalam penyelenggaraan koneksi 5G di Indonesia. Pertama kalinya di Indonesia, koneksi 5G Telkomsel bisa membantu operasi bedah jarak jauh.

Diketahui dalam upaya mendukung transformasi Sistem Kesehatan yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI. Telkomsel telah melakukan kerja sama strategis dengan Urological Association of Asia (UAA).

Kolaborasi itu, menghadirkan evolusi prosedur bedah inovatif jarak jauh menggunakan teknologi robotik (Robotic Telesurgery) dan konektivitas broadband 5G Telkomsel.

Dalam prosesnya, Telkomsel bersama UAA didukung Kemenkes RI berhasil memanfaatkan konektivitas 5G, melakukan tindakan bedah jarak jauh pertama dengan Robotic Telesurgery pertama di Indonesia dan Asia Tenggara kepada objek manusia

Adapun lokasi pasien dengan dokter yang melakukan operasi, terpisah jarak 1.200 km. Operasi sendiri dilakukan untuk pasien urologi.

Momen prosedur bedah bersejarah yang dilakukan dengan posisi dokter di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah di Bali dan pasien di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Keberhasilan tersebut, menunjukkan bahwa jarak dan tantangan geografis bukanlah hambatan dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Indrawan Ditapradana, Direktur Human Capital Management Telkomsel, menuturkan, kolaborasi dengan UAA serta dukungan penuh dari Kemenkes, RS, dan para pemangku kepentingan menjadi salah satu wujud nyata semangat Indonesia yang menginspirasi Telkomsel, untuk terus mendorong kemajuan bagi ekosistem digital nasional, sekaligus menggerakkan inovasi di bidang kesehatan.

“Dengan menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan terbaiknya, Telkomsel mengambil peran terdepan dalam transformasi digital industri kesehatan Indonesia. Kami berkomitmen untuk tidak hanya sekadar menghadirkan teknologi terkini, tetapi juga memberdayakan tenaga kesehatan dengan pemanfaatan teknologi broadband terdepan,” ujarnya.

Telkomsel mengimplementasikan konektivitas terdepannya itu secara inovatif melalui Robotic Telesurgery di Jakarta, Bali, dan Shenzhen dalam kerja sama bersama UAA.

Telkomsel dan UAA menggandeng RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo di Jakarta, RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah di Bali, dan Animal Lab di Shenzhen, China, untuk melangsungkan sejumlah prosedur bedah jarak jauh menggunakan konektivitas broadband 5G.

“Robotic Telesurgery yang didukung konektivitas 5G merupakan lompatan besar dalam meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan berkualitas yang lebih merata, terutama di wilayah-wilayah yang selama ini sulit dijangkau,” tegas Indrawan.