GadgetSquad.id – Bulan lalu, Samsung menggoda layar OLED yang dapat digulung, dilipat, dan digeser untuk ponsel, tablet, bahkan laptop. Nah, sepertinya teknologi itu mungkin akan datang ke jam tangan pintar (smartwatch) karena paten baru telah muncul yang menampilkan layar yang dapat digulung, lengkap dengan kamera.

Pertama kali ditemukan LetsGoDigital, dokumen paten setebal 96 halaman itu diajukan ke World Intellectual Property Office (WIPO) pada 2 Juni 2021, dan dirilis serta diterbitkan kemarin, pada 9 Desember. Dalam dokumen tersebut, terlihat bahwa layar bisa diperpanjang dengan menekan mahkota jam tangan atau melalui aktivasi layar sentuh.

Saat diperpanjang, bingkai luar jam tangan akan mengembang, memungkinkan layar tambahan yang digulung di dalam badan jam tangan untuk dibuka, memperluas layar hingga 40 persen. Teknologi ini bahkan memungkinkan pengguna untuk memutuskan apakah hanya satu atau dua bagian layar yang akan digunakan.

Sedang kamera, ekstensi dan retraksi layar tampaknya tidak menghalanginya. Artinya dapat menghasilkan kamera selfie yang luar biasa, dan bisa dmanfaatkan penggunannya.

Spesifikasi teknis jam tangan pintar Samsung rollable display ini tidak tersedia saat ini, termasuk kapan perangkat unit itu akan diumumkan dan dijual. Namun satu hal yang dapat dikatakan dengan pasti bahwa jika Samsung mampu menerapkan teknologi ini, seperti yang diilustrasikan dalam paten, itu akan menjadi langkah selanjutnya dalam evolusi gadget yang dapat dikenakan.