Samsung Galaxy Z Flip3 dan Z Fold3 5G Bawa Sertifikasi Anti Air IPX8 ?

GadgetSquad.id – Sebuah laporan menyebutkan bahwa dua ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip3 5G dan Galaxy Z Fold3 5G akan datang dengan fitur anti air dengan sertifikasi IPX8.

Sebagaimana dilansir dari GSMArena, dengan mendapatkan sertifikasi itu, maka kedua hp tersebut mampu bertahan di kedalaman air lebih dari 1 meter selama lebih dari 30 menit. Jika benar dan terlihat seperti itu, kedua hp ini ini akan menjadi perangkat lipat yang tahan ait pertama di dunia.

Sayangnya mungkin akan sulit untuk menahan debu khususnya pada bagian engselnya, sehingga Samsung haru memikirkan bagaimana melindungi engsel dari debu. Tidak jelas apakah itu termasuk dalam sertifikasi atau tidak, karena keterangan rahasia tidak memiliki informasi tentang hal itu.

Ponsel lipat ini memiliki layar fleksibel dan engsel, dimana keduanya akan bergerak dan membuat penyegelan perangkat lebih sulit daripada telepon biasa. Namun, menambahkan perlindungan air sangat mengesankan di pihak Samsung. 

Sedangkan informasi tentang spesifikasi lainnya, IceUniverse, mengungkap bahwa  Galaxy Z Flip3 yang akan mendukung kecepatan pengisian 15W. Bocoran tersebut sama dengan laporan di dalam daftar sertifikasi 3C, yang juga mengkonfirmasi pengisian 15W pada Z Flip 3.

Sedangkan Galaxy Z Flip3 5G akan datang dengan adaptor Adaptive Fast Charge di dalam kotak (EP-TA200). Pengisi daya ini telah dibundel dengan smartphone Galaxy S selama bertahun-tahun dan menghasilkan arus puncak 15W (9V @ 1.67A).

Ada juga pengisi daya yang dibundel dengan Galaxy Z Flip yang sudah dirilis tahun lalu. Nomor model yang tertera adalah SM-F7110 yang mewakili varian Cina dari Samsung Galaxy Z Flip3 5G. Dua ponsel lipat, Galaxy Z Flip3 dan Z Fold3 akan diluncurkan pada 11 Agustus 2021 mendatang.