GadgetSquad.ID – Geliat industri 4.0 di Tanah Air, semakin membuka peluang bagi berbagai pihak, untuk menghasilkan berbagai inovasi yang berfaedah. Hal ini diwujudkan Samsung Electronics Indonesia dengang menghelat “Samsung Innovation Campus Batch 2”.

Apa itu Samsung Innovation Campus Batch 2?

Samsung Innovation Campus Batch 2, merupakan sebuah program yang mendukung industri 4.0 dengan membekali ilmu web programming kepada lulusan SMK.

Dihelat sejak Oktober 2020 lalu, ajang tersebut merupakan inisiatif Samsung untuk, berkontribusi pada pertumbuhan digitalisasi dengan memantapkan peran dalam menghadirkan generasi muda yang cakap digital.

Risman Adnan M, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia, menuturkan, pihaknya ingin memberi kontribusi nyata, dalam mendukung industri 4.0 di Tanah Air.

“Selain itu, program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus pada hard skill dan meningkatkan soft skill,” tutur Risman.

Risman menambahkan, dengan tetap berfokus pada pengembangan kemampuan dasar teknologi yang semakin dibutuhkan industri 4.0, Samsung Innovation Campus 2021 menekankan materi pelatihan pada pengembangan website sebagai platform dasar untuk informasi produk atau layanan.

Tak hanya itu, pelatihan yang diberikan dalam program ini juga mencakup Design Thinking, UX, dasar-dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, Javascript, serta kemudahan akses networking komunitas belajar lintas sekolah.

Selama proses seleksi, Program Samsung Innovation Campus Batch 2 kali ini diminati oleh 750 siswa. Akan tetapi, hanya 396 siswa dari 13 SMK di seluruh Indonesia yang terpilih dan dapat mengikuti tahap pelatihan awal.

Pelatihan tahap awal itu meliputi, bidang product development, web design, coding dan web development.

Kemudian mereka yang lolos, berlanjut mengikuti pelatihan intensif product development bootcamp. Pada tahap tersebut, menghasilkan 46 siswa dari 13 tim yang berasal dari enam SMK.

Proses selanjutnya, dari 13 tim tersebut, terpilih lima tim terbaik yang terdiri dari 19 siswa SMK untuk tahapan product development canvas dan pitching canvas.

Tim yang masuk dalam lima besar adalah 1 tim dari SMK Negeri 1 Geger Madiun, 2 tim dari SMK Negeri 2 Surakarta dan 2 tim dari SMK Negeri 1 Cimahi.

Pada acara puncak Samsung Innovation Campus – Batch 2, para finalis menghasilkan project atau produk yang mampu menjadi solusi digital untuk pemecahan masalah sosial dan lingkungan sekaligus akan memperkuat pengetahuan dasar tentang pengembangan produk dan coding.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, 3 tim berhak menjadi jawara. Berikut pemenang kompetisi SIC Project Competition 2021:

1. SMK Negeri 1 Geger Madiun dengan proyek yang berjudul  Study Tools, aplikasi untuk pembelajaran praktikum secara praktis yang menyediakan simulasi praktik dengan metode drag and drop.

2. SMK Negeri 1 Cimahi dengan proyek berjudul EyeRoom, sebuah aplikasi yang memfasilitasi lansia dan penyandang tunanetra untuk membedakan obat menggunakan teknologi pemindaian gambar dan transkrip suara.

3. SMK Negeri 1 Cimahi dengan proyek berjudul SmartGen, aplikasi layanan konsultasi untuk menjadi solusi dan membantu masalah kesehatan mental terutama pada usia remaja

Selamat kepada pada pemenang!!!