GadgetSquad.id – Olimpiade Paris 2024 sudah berakhir. Namun banyak kenangan yang hingga kini dan seterusnya akan selalu diingat. Ini karena Olimpiade merupakan ajang internasional spektakuler yang menyatukan para atlet dan penggemar dari seluruh penjuru dunia. Hampir 10.000 atlet dari 206 negara dan jutaan penggemar hadir di Paris. Mereka datang untuk melihat dan merasakan momen berharga dan bersejarah, seperti momen perjuangan dan kemenangan para atlit yang berlaga di Olimpiade dan berbagai momen lainnya. Termasuk Samsung yang juga mengukir sejarah melalui fitur Interpreter 

Momen Bersejarah Samsung di Olimpiade Paris 2024

Nah, di Olimpiade Paris 2024 ini ada juga satu momen yang bisa disebut bersejarah, karena belum pernah terjadi di gelaran Olimpiade sebelumnya. Yaitu momen di mana Samsung menghadirkan salah satu smartphone terbarunya, Samsung Galaxy Z Flip6, di tengah perhelatan Olimpiade Paris 2024.  

 

Samsung Galaxy Z Flip6 Olympic Edition yang diberikan oleh Samsung kepada para atlet yang berkompetisi di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024. Selain itu Samsung juga menggelar program interaktif di acara pop-up Experience Olympic™ rendezvous @ Samsung. 

Samsung Galaxy AI Samsung Galaxy Z Flip 6 Interpreter (5) (1)

Tapi bukan itu saja, melalui fitur canggih Galaxy AI yang ada di Samsung Galaxy Z Flip6 dan Fold6, Samsung berhasil mengukir sejarah terutama dalam ajang Olimpiade. Melalui fitur Interpreter yang dihadirkan Samsung pada Galaxy Z Flip6 dan Fold6, komunikasi yang terjadi di ajang Olimpiade Paris 2024 terasa tidak ada lagi hambatan meski mereka berasal dari negara-negar yang berbeda. Bahkan bisa dikatakan komunikasi di Olimpiade Paris 2024 belum pernah semudah dan selancar ini.      

Baca juga : AI Composer di Samsung Galaxy Z Flip6, Bikin Kamu Jago Merangkai Kata

Fitur Interpreter secara instan menerjemahkan percakapan real-time dan menawarkan terjemahan langsung saat pengguna berbicara tatap muka melalui layar ganda unik di perangkat lipat. Sejak dimulainya Olimpiade, fitur Interpreter di perangkat Galaxy membantu para atlet, relawan, dan pengunjung mengobrol satu sama lain.

Samsung Galaxy AI Samsung Galaxy Z Flip 6 Interpreter (1) (1)

“Saya sering bepergian, dan terkadang ada kendala bahasa,” kata anggota Tim Samsung Galaxy Wilma Anna Helena Murto (Athletics, Finlandia) yang menguji Interpreter saat mengunjungi Olympic™ rendezvous @ Samsung | Village Plaza bersama banyak atlet lainnya. “Ini benar-benar membuat perbedaan.”

 

“Sama! “Saya melakukan perjalanan setiap bulan ke banyak negara di mana orang-orang berbicara dalam bahasa yang berbeda-beda,” tambah rekan anggota Tim Samsung Galaxy Alessandro Mazzara (Skateboarding, Italia). “Saya pasti akan menggunakannya.”

 

Tidak hanya para atlit, tapi para pengunjung Olimpiade di Paris yang mencoba fitur Interpreter di Olympic™ rendezvous @ Samsung di Champs-Elysees 125 dan Square Marigny, juga merasakan kemudahan yang sama. 

 

“Saya dapat melihat betapa bermanfaatnya fitur terjemahan ini,” kata Josefine Christoffersen, seorang pengunjung dari Swedia yang bisa berbahasa Swedia dan Inggris. Siqi Chen, seorang pelajar asal Tiongkok, telah tinggal di Prancis selama lima tahun, juga mengunjungi Olympic™ @ Samsung | Champs-Elysees 125 untuk melihat inovasi Galaxy AI terbaru.

 

“Sejak pindah ke Prancis, saya telah berkeliling Eropa dan mengunjungi banyak negara lain,” kata Chen yang bisa berbahasa Mandarin, Inggris, dan Prancis. Chen merasa kagum dengan kemampuan Interpreter yang membuatnya bisa berbicara bahasa negara lain menggunakan Galaxy AI. 

Kenny Goma, promotor Samsung di Olympic™ @ Samsung | Champs-Elysees 125, telah berinteraksi dengan penggemar dan pengunjung dari seluruh dunia. “Orang-orang terkesan dengan fitur Interpreter ketika saya menunjukkan layar depan Flip6 yang berisi hasil terjemahan secara realtime,” kata Goma. “Jadi meski hasil terjemahan yang dibacakan itu mungkin didengar, mereka bisa membaca terjemahan di layar depan tersebut yang sangat membantu. Mereka bahkan tidak harus terhubung ke jaringan. Mereka segera mengenali dampaknya, dan ini adalah salah satu fitur paling populer di pengalaman pop-up.”

 

Manfaat Galaxy AI terutama fitur interpreter juga membantu ribuan relawan Olimpiade Paris 2024. Seperti yang dirasakan seorang relawan bernama Emmanuel Mantilla Jr. dari Filipina. “Beberapa hari pertama saya di sini sedikit melelahkan karena meskipun saya bisa berbicara beberapa bahasa, saya tidak bisa berbahasa Prancis,” kata Mantilla Jr. yang bertugas di Saint-Quentin-en-Yvelines. 

“Orang-orang mengira mungkin saya tidak bisa membantu mereka.” ujar Mantilla Jr. “Tetapi Interpreter sangat membantu – tidak hanya untuk berkomunikasi dengan pengunjung tetapi juga dengan sesama relawan. Saya telah menggunakan fitur ini bersama banyak rekan Prancis di kelompok sukarelawan saya, dan kami semua menyukainya,” tambahnya.

 

“Selalu ada banyak turis di Paris, khususnya di Champs-Elysees,” kata Goma. “Tetapi ada lebih banyak lagi orang yang hadir di sini saat Olimpiade. Berkat Galaxy AI kini, mereka bisa merayakannya bersama — baik di Olimpiade atau dalam kehidupan sehari-hari.” tambah Goma

 

Olimpiade Paris 2024 bukan hanya tentang kompetisi — ini tentang merayakan dan menyatukan dunia. Samsung menjadikan pengalaman Olimpiade ini benar-benar tak terlupakan melalui koneksi yang lebih kuat dan komunikasi lebih lancar dari sebelumnya.