Salah satu kegiatan line produksi di Acer Manufacturing Indonesia

GadgetSquad.id – PT. Acer Manufacturing Indonesia (AMI), hari ini merayakan hari jadinya yang ke-11. Sejak melakukan debut di Indonesia pada dua dekade lalu, Acer selalu menunjukan komitmen dan eksistensinya di industri digital tanah air.

Hal tersebut ditunjukkan dengan membangun pabrik perakitan dengan nama PT. Acer Manufacturing Indonesia (AMI) pada tahun 2012 lalu di kawasan Pulo gadung, dan sekarang pabrik AMI bermigrasi ke kawasan terpadu Marunda Center, Marunda, Bekasi.

Beberapa produk unggulan Acer dirakit di pabrik ini, diantaranya, laptop, chromebook, server, monitor, desktop AIO (All-in One), proyektor, dan PC Desktop.

Pada acara media visit di AMI hari ini (12/01/23) Herbet Ang, selaku President Director Acer Indonesia mengatakan, “Sebagai brand global, semua mutu produk juga sesuai dengan standar internasional. Kami bisa menghadirkan produk yang dibuat di dalam negeri dengan produk berkualitas internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.”

Selain produk yang kualitas, Acer juga mengikuti regulasi yang ada di Indonesia soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yakni sebesar 25 persen. Jika diakumulasikan dengan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP), setiap produk yang dibuat oleh perusahaan teknologi asal Taiwan ini selalu berada di atas 40 persen untuk kandungan TKDN-nya.

“Pabrik ini sudah berdiri sejak 11 tahun lalu. Produk yang dihasilkan sudah melayani masyarakat Indonesia dan memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, termasuk pemenuhan TKDN,” Herbet menambahkan.

Acer juga mendapat kepercayaan menjadi mitra pemerintah dalam pengadaan perangkat teknologi, diantaranya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pajak, dan sejumlah bank BUMN.

Selain itu, Acer juga turut berkontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan menggelar International Olympiad in Informatics (IOI) di Yogyakarta pada Agustus 2022 lalu.

“Transformasi digital tentu tidak akan berjalan lancar jika sumber daya manusianya belum bisa mengimbanginya. Oleh karena itu, kami akan terus membantu pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan,” sebut Herbet.

Baca Juga: CES 2023 : Acer Perkenalkan Mode Ultra 3D di SpatialLabs TrueGame

Sekadar info, Acer berencana menggelar konferensi pendidikan Acer Edu Summit 2023 pada 31 Januari mendatang. Acara tersebut bertujuan untuk mengumpulkan para praktisi pendidikan, baik nasional maupun internasional, untuk sharing ilmu serta insight positif bagi perkembangan dunia pendidikan, termasuk di Indonesia. Hasil dari konferensi tersebut akan dijadikan dasar bagi Acer untuk merancang modul pembelajaran di era digital.

“Saat ini, kami sudah ada pembicaraan dengan publisher, Intan Pariwara, nantinya mereka yang akan membukukan serta menerbitkan modul pendidikan yang kami buat,” tutup Herbet.

Beroperasinya AMI juga akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi maupun sosial di Indonesia, melalui penciptaan lapangan pekerjaan, transfer teknologi, peningkatan pendapatan, hingga peluang investasi.