GadgetSquad.ID – Tak hanya di Indonesia, sepak terjang Oppo di pasar hape global terus mencuri perhatian. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian lembaga riset Canalys.

Menurut riset Canalys, Oppo mampu mempertahankan posisinya sebagai brand smartphone keempat terbaik secara global pada tahun 2021 dan memiliki pangsa pasar sebesar 11%.

Keberhasilan tersebut, tak lepas daru investasi berkelanjutan dalam pengembangan teknologi serta komitmen perusahaan untuk menciptakan produk terbaik.

Seperti diketahui, tahun lalu, OPPO berhasil meluncurkan smartphone flasgship canggih terbaru yaitu seri OPPO Find X3 dan beberapa produk seri Reno terbaru.

Selain itu, OPPO menghadirkan NPU (Neural Processing Unit) MariSilicon X yang menjadi teknologi pencitraan pertama yang dikembangkan oleh OPPO dan meluncurkan smartphone lipat pertamanya yaitu OPPO Find N.

Lebih lanjut hasil riset Canalys menginfokan, tahun lalu Oppo berhasil membukukan pertumbuhan penjualan smartphone secara global sebesar 22%, dengan penjualan yang luar biasa di pasar Eropa Barat dan Meksiko.

Di Benua Biru, Oppo berhasil menjadi brand smartphone terbesar keempat di pasar Eropa, setelah mencatatkan pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 78% pada tahun 2021.

Di Eropa sendiri, Oppo melonjak pesat di kawasan Eropa Barat, dimana mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 94% di Eropa Barat.

Di Eropa Oppo mencatatkan pertumbuhan yang menakjubkan di Irlandia (+444 YoY), Portugal (+354% YoY), Swiss (+203% YoY), Jerman (+154%) YoY, Italia (+111% YoY), Spanyol (+73% YoY) dan Prancis (+71% YoY).

Selain itu, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun setelah masuk ke pasar Rumania, OPPO berhasil telah menjadi produsen smartphone terbesar ketiga dengan pertumbuhan tahunan sebesar 227% pada tahun 2021.

Sementara di pasar negara berkembang, Oppo menjadi brand hape keempat terbaik secara keseluruhan di pasar Timur Tengah serta Afrika, dimana berhasil mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 42%.

Secara khusus, Oppo mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 304% di Algeria dan angka penjualan terbesar dibandingkan dengan brand smartphone lain di wilayah tersebut.

Oppo juga mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 466% di Afrika Selatan dan membuatnya menjadi brand merek smartphone terbesar keempat di negara tersebut.

Masih di pasar negara berkembang, di Meksiko, Oppo kini menjadi salah satu dari lima brand smartphone terlaris, dengan pangsa pasar 10%, dan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 429% pada tahun 2021.

Masih merujuk hasil riset Canalys, saat ini Oppo bisa mempertahankan posisi ke empat sebagai salah satu brand smartphone terbaik di Asia Pasifik, kecuali China, pada tahun 2021.

Di Asia Pasifik, Oppo memiliki pangsa pasar sebesar 12%. Oppo merupakan smartphone terbaik kedua untuk wilayah Asia Tenggara. Oppo berhasil menjadi best-seller di Indonesia dan best-seller kedua di Myanmar dan Vietnam.