GadgetSquad.ID – Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 200 juta jiwa, Indonesia memang selalu menjadi pasar yang menjanjikan. Karenanya tidak heran, banyak brand yang pasang target ingin jadi nomor 1 di Indonesia.

Kondisi di atas juga berlaku bagi realme. Jika melihat pencapaian realme sejauh ini di Tanah Air, target menjadi nomor 1 di Indonesia bukan tidak mungkin bisa menjadi kenyataan.

Target realme menjadi vendor hape nomor wahid di Indonesia, diungkapkan Madhav Sheth, President & President International Business Unit realme.

Dalam sebuah kesempatan, Madhav membagikan pemikiran dan wawasannya mengenai strategi bisnis realme, dan rencana pengembangan realme di tahun 2022.

Strategi tersebut mencakup strategi brand dalam meningkatkan strategi channel-nya di Tanah Air untuk menjadikan realme sebagai “Merek Smartphone No. 1 di Indonesia”.

“Kami adalah disruptor di pasar smartphone global, merek trendsetter teknologi yang berfokus pada generasi muda yang menawarkan teknologi serta desain trendi dan kualitas yang terbaik dengan harga bersaing,” ucap Madhav.

Ditambahkan oleh Madhav, bahwa Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara dan memainkanperan yang penting bagi realme.

Saat ini, realme menduduki peringkat 5 di Indonesia. Memasuki tahun 2022, realme Indonesia terpacu untuk menjadi merek smartphone No. 1 dalam kurun waktu 2 tahun.

Tahun 2021 adalah tahun yang menantang dan disruptif bagi realme karena realme telah mempopulerkan smartphone 5G yang paling terjangkau melalui realme 8 5G.

Selain itu, realme juga menghadirkan smartphone dengan layar 120Hz yang paling terjangkau di harga di bawah Rp3 juta melalui realme 8i.

Tahun depan akan kembali menjadi tahun yang disruptif bagi realme di Indonesia. Brand yang selalui menggaungkan trendsetter teknologi ini berada pada titik balik dan memiliki tujuan untuk menjadi merek smartphone No. 1 di Indonesia dalam waktu dua tahun.

Lalu bagaimana cara realme mencapai target tersebut?

Lebih jauh Madhav Sheth menjabarkan bahwa realme akan beralih dari kanal penjualan tradisional dengan heavy asset investment ke strategi kanal penjualan yang lebih hemat biaya.

Strategi baru ini akan berfokus pada kombinasi penjualan online & saluran pemasaran digital berefisiensi tinggi.

Tak hanya itu, realme juga berupaya untuk meminimalkan perantara dengan mengurangi biayanya sehingga realme dapat memberikan manfaat langsung kepada para pengguna melalui produk terbaiknya.

Dari segi produk, realme telah mengungkapkan akan masuk dan mendisrupsi segmen premium dengan mengedepankan strategi ‘Flagship Killer’.

Dengan mengedepankan strategi seperti itu, realme diklaim sebagai satu-satunya brand dengan lini produk flagship yang mendisrupsi pasar premium dengan harga terjangkau untuk semua kalangan. realme ingin teknologi mutakhir keluarannya dapat diakses oleh semua orang.

Selanjutnya, realme sedang mempersiapkan pengumuman besar untuk inovasi-inovasi terbaru di beberapa acara besar berskala global, misalnya gelaran MWC 2022 di Barcelona.

“Berdasarkan analisa visi strategis dan ketajaman pasar, realme akan menghadirkan produk dengan teknologi terdepan, desain trendsetting kepada konsumen serta kualitas tinggi. Tergolong masih pemula di industri teknologi, kami ingin tumbuh lebih besar dan lebih bersinar,” pungkas Madhav