GadgetSquad.id – Teknologi AI sedang menjadi tren dan merambah ke berbagai sektor. Salah satu contohnya tren smartphone terbaru belakangan ini yang menjadikan fitur berbasis AI sebagai andalannya. Tapi ternyata perkembangan teknologi AI sudah semakin meluas lagi. Adalah Telkomsel yang sudah mengimplementasikan teknologi AI pada jaringannya, atau disebut dengan teknologi Telkomsel Hyper AI.

Telkomsel Hyper AI (1) (1)

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyatakan, “Telkomsel berkomitmen untuk terus memimpin industri telekomunikasi digital di Indonesia dan dunia melalui inovasi teknologi terkini. Implementasi Hyper AI, baik dari sisi operasional jaringan maupun dari sisi interaksi dengan pelanggan, telah memungkinkan kami menghadirkan layanan yang lebih efisien, jaringan yang lebih andal, dan kenyamanan pelanggan yang lebih baik.

Keunggulan Telkomsel Hyper AI

Telkomsel Hyper AI digunakan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan Autonomous Network berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) sejak 2022 untuk operasional jaringan dan layanan digital. Dengan memanfaatkan Hyper AI, Telkomsel mampu mengoptimalkan kinerja jaringan, meningkatkan kualitas interaksi pelanggan, serta menyediakan layanan yang lebih responsif dan tepat sasaran.

Dengan penerapan Hyper AI yang terintegrasi, baik dari sisi pengelolaan jaringan maupun dari sisi interaksi pelanggan, Telkomsel telah mencapai konsep self-awareness, self-analysis, self-decision, dan self-execution, yang memungkinkan peningkatan kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan.

Operasional Jaringan

Dengan Telkomsel Hyper AI, memberikan kemampuan deteksi awal serta penanganan masalah sebelum berdampak pada pelanggan, sehingga pengalaman pengguna tetap konsisten dan optimal. Hal ini karena teknologi Hyper AI memungkinkan deteksi dan resolusi masalah jaringan secara otomatis dalam waktu kurang dari satu menit, memastikan layanan yang lebih responsif dan efisien bagi pelanggan.

Baca juga : Telkomsel Dinobatkan “Best Mobile Network” Tercepat dan Terluas versi Ookla Speedtest

Dan hasilnya Telkomsel telah berhasil mencatatkan sejumlah pencapaian, seperti peningkatan kecepatan respons terhadap insiden jaringan masif hingga 53%, dan pengurangan jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga 32% dalam dua tahun terakhir.

Dengan Hyper AI, lebih dari 28 juta pekerjaan operasional optimalisasi jaringan telah diselesaikan, waktu demarkasi masalah berkurang dari 39 menit menjadi 10 menit, serta tingkat keluhan pelanggan telah mengalami penurunan hingga sebanyak 32%.

Telkomsel Hyper AI (2) (1)

Perencanaan Jaringan

Telkomsel Hyper AI juga memungkinkan perencanaan kapasitas dan lokasi jaringan yang lebih akurat, berdasarkan data yang dihasilkan dari analisis pola penggunaan dan kebutuhan pelanggan secara keseluruhan di wilayah tertentu.

Hyper AI telah mentransformasi teknik pemetaan jaringan, melengkapi kunjungan langsung oleh tim lapangan dengan AI Model Learning. Ini membantu Telkomsel dalam memperluas cakupan jaringan, mempertahankan kualitas pengalaman jaringan, hingga memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif.

 

Layanan Pelanggan

Dampak dari penerapan Hyper AI ternyata bisa dirasakan hingga ke sisi pelanggan. Sebelumnya sudah disebutkan berkat Hyper AI tingkat keluhan pelanggan telah mengalami penurunan hingga sebanyak 32%. Tapi ternyata dampaknya lebih dari itu.

Berkat Hyper AI, Telkomsel menghadirkan asisten virtual berbasis AI untuk pelanggan individual (B2C: Veronika) dan pelanggan korporat (B2B: Ted). Asisten virtual ini memungkinkan pelanggan menyelesaikan keluhan secara mandiri dengan cepat dan akurat, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan efisiensi penyelesaian masalah.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga dapat menyediakan penawaran produk dan layanan yang lebih personal dan relevan, seperti yang diterapkan dalam aplikasi MyTelkomsel. Ini memungkinkan pelanggan menerima rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan.