GadgetSquad.id – Telkomsel sukses melakukan uji coba teknologi biometrik pengenalan wajah (face recognition), yang dimanfaatkan proses registrasi kartu prabayar dan ganti kartu melalui mesin layanan mandiri Telkomsel MyGraPARI dan Telkomsel GraPARI Online (https://graparionline.telkomsel.com/home). Ini membuat layanan yang lebih aman, cepat, dan efisien bagi pelanggan.

Telkomsel Sukses Uji Coba Teknologi Biometrik Face Recognition di GraPARI (1)

Sejak peluncuran Telkomsel My GraPARI pada 2015 secara bertahap telah menerapkan teknologi scan eKTP dan fingerprint untuk validasi identitas pelanggan dalam melakukan penggantian kartu SIM secara cepat, akurat, dan mudah. Teknologi biometrik face recognition diharapkan dapat melengkapi metode validasi yang telah ada, seperti penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK), sehingga menghadirkan pengalaman registrasi yang lebih aman, cepat, dan nyaman.

Baca juga : Telkomsel Hyper AI, Hadirkan Jaringan Cerdas Berorientasi Pelanggan

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, “Teknologi biometrik ini tidak hanya memudahkan proses registrasi, tetapi juga mendukung penerapan standar Know Your Customer (KYC)  yang diterapkan operator telekomunikasi untuk memastikan validitas data pelanggan serta mengurangi risiko penipuan dan penyalahgunaan identitas pelanggan yang kerap terjadi di era digital saat ini.”

Uji coba teknologi ini diimplementasikan di Telkomsel GraPARI Online dan MyGraPARI, di mana pelanggan dapat melakukan registrasi kartu prabayar dan ganti kartu dengan lebih mudah dan aman melalui proses yang telah terjamin keakuratannya.

Teknologi biometrik pengenalan wajah (face recognition) ini bekerja dengan cara memverifikasi identitas pelanggan melalui pemindaian wajah yang dicocokkan dengan data kependudukan yang ada di Dukcapil, memastikan bahwa pelanggan yang mendaftar merupakan pemilik identitas yang sah.

Telkomsel juga terus berupaya untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan melalui adopsi teknologi terkini yang mampu meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pelanggan. Komitmen tersebut diwujudkan tidak hanya melalui inovasi seperti :

  • MyGraPARI dan GraPARI Online yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi secara mandiri, seperti registrasi kartu, ganti kartu, dan pembayaran tagihan, dengan lebih cepat dan praktis
  • Asisten Virtual Veronika yang dilengkapi dengan teknologi AI turut memperkaya pengalaman digital pelanggan, memberikan kemudahan akses layanan kapan saja dan di mana saja.

Melalui solusi berbasis teknologi ini, Telkomsel terus memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan layanan yang lebih personal, responsif, dan akurat.