GadgetSquad.ID – Menu Potrait atau efek bokeh, awalnya memang menjadi salah satu trik foto kece, yang dilakukan fotografer menggunakan kamera profesional. Tapi kini kamera hape pun sudah bisa menggambil foto potrait.

Yup, seiring terus berevolusinya teknologi hape, termasuk fitur imaging di ponsel. Kini mengambil foto potrait cukup bermodal ponsel dan semua orang bisa melakukannya, tak harus fotografer pro.

Dalam prosesnya fitur bokeh di hape yang awalnya mungkin hanya sekedar gimick, kini justru menjadi wajib. Bahkan, banyak vendor hape yang menjadikan efek potrait menjadi daya jual utamanya.

Dari sekian banyak vendor hape saat ini, menurut GadgetSquad, OPPO menjadi pabrikan hape yang paling konsisten dalam mengembangkan efek potrait.

Bahkan setiap merilis hape baru, ada saja peningkatan yang berikan OPPO kepada fitur potrait andalannya. Jika boleh sedikit bernostalgia ke belakang dari literatur yang didapat, OPPO sudah sejak 2020 lalu mulai melakukan pengembang di menu potrait.

Kala itu OPPO Indonesia sempat mengajak fotografer kondang, Darwis Triadi untuk menjajal kualitas kamera OPPO Reno3 dalam ambil foto portrait.

Saat itu uji coba yang dilakukan memang tidak terfokus pada efek bokeh, melainkan mengeksplor menu “Expert Mode” yang di dalamnya dibekali menu pendukung seperti 5X Hybrid Zoom hingga Ultra Clear Image 108MP.

Kombinasi teknologi di atas, membuat kamu lebih leluasa mengulik untuk menghasilkan foto artistik, menyesuaikan kondisi pencahayaan.

Tak lama berselang, pabrikan asal Tiongkok ini merilis OPPO Reno4 yang dibekali fitur ciamik, untuk hasilkan efek bokeh artistik nan canggih.

OPPO Reno4 dilengkapi filter AI Color Portrait yang mampu membuat latar foto menjadi hitam putih, alias hanya obyek saja yang berwarna.

Sementara fitur Night Flare Portrait bisa membuat lampu gedung atau jalanan di malam hari terlihat buram membulat, selayaknya gunakan kamera profesional dengan sensor besar.

Waktu bergulir, sempat disinggung jika OPPO selalu konsisten melakukan pengembangan, kepada hape terbarunya termasuk fitur di dalamnya. Situasi ini juga terjadi kepada fitur potrait di hape OPPO.

Setelah memberi evolusi menarik di OPPO Reno4, hadirlah seri Reno5. Di seri Reno5, OPPO memboyong menu potrait pada fitur video, bertajuk “AI Mixed Portrait”.

Menu AI Mixed Portrait, memungkinkan pengguna menggabungkan video lain serta video diri sendiri sebagai siluet. Hasilnya adalah sebuat videk dengan efek yang lebih kreatif dan menarik perhatian.

Inovasi efek potrait di hape OPPO berlanjut ke seri Reno6. Di seri OPPO Reno6, fitur bokeh semakin menarik dengan hadirnya menu “Flare Portrait”.

Kerennya lagi, selain bisa diaplikasikan untuk mengabadikan foto artistik, menu Flare Portrait di Reno6 yang diterapkan saat kamu ingin mengambil gambar bergerak atau video.

Konsistensi OPPO dengan fitur potraitnya memang layak mendapat apresiasi. Apakah hal tersebut akan berlanjut di tahun 2022?

Jawabannya “iya”. Bahkan pabrikan dari negeri Tirai Bambu ini, sudah mencanangkan di 2022 ini, menjadi tahunnya efek potrait di hape besutan OPPO.

Inovasi efek potrait ala OPPO, dipastikan bakal bisa kamu rasakan di OPPO Reno terbaru. Nantinya OPPO akan bekerja sama dengan pembuat sensor seperti Sony, untuk secara eksklusif kembangkan hardware agar bisa hasilkan foto dan video portrait terbaik

Kita tunggu saja tanggal mainnya, OPPO kembali menggoda dengan varian OPPO Reno generasi terbaru.