AMD resmi menggelar acara bertajuk ‘Advancing Tomorrow with AMD Ryzen AI 300 Series Processor’ yang bertujuan untuk memperkenalkan Prosesor AMD Ryzen AI 300 series dengan  Neural Processor Unit (NPU)untuk PC AI generasi berikutnya sekaligus fitur-fitur teknologi terkini.

Dalam gelaran acara tersebut, terdapat Experience Zone yang terdiri dari AMD Ryzen AI Station, AI Photobooth, dan Gaming Area yang menampilkan jajaran lengkap laptop bertenaga  prosesor AMD terbaru, sehingga memberikan pengalaman langsung performa laptop bertenaga  prosesor AMD Ryzen AI 300 Series dengan fitur – fitur menarik.

Perkembangan AI mendorong AMD terus berinovasi dengan menghadirkan teknologi CPU, GPU, dan NPU terbaik kedalam AMD Ryzen AI dengan efisiensi daya terdepan. Perpaduan kekuatan dan kinerja dalam AMD Ryzen AI mentransformasi ruang PC mobile. Selain itu, AMD Ryzen AI juga menawarkan lebih banyak pengalaman yang didukung AI dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Berikut keunggulan yang ditawarkan oleh prosesor teranyar AMD Ryzen AI 3000 : 

  • Performa Kencang

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series menghadirkan kinerja kencang untuk kebutuhan multitasking intensif, gaming imersif hingga digunakan untuk pembuatan konten yang serius.

Chipset ini juga mampu menampilkan performa APU tercepat, NPU bertenaga dengan 50 TOP, dan NPU block floating point pertama di dunia yang menggandakan performa aplikasi 16-bit tanpa mengorbankan akurasi.

  • Didukung arsitektur terbaru

Prosesor AMD Ryzen  AI 300 series ini dilengkapi hingga 12 core dan  24 multithread dengan arsitektur “Zen 5 dan Zen 5C” dan memori L3 cache 50% lebih banyak dibandingkan dengan prosesor “Zen 4” sebelumnya memberikan performa kencang pada laptop ultrathin.

Dengan arsitektur AI yang canggih dan kinerja supercharged untuk gaming dan  produktivitas elit, generasi ketiga seri AMD Ryzen AI memungkinan kehebatan komputasi laptop  yang privat, responsif, dan cerdas.

  • Arsitektur AMD XDNA 2 Terbaru

AMD Ryzen AI Series  meningkatkan produktivitas dan kreativitas dengan menangani beban kerja AI lokal secara efisien,  menghasilkan konten, dan mengotomatisasi alur kerja, sambil mempertahankan efisiensi daya yang  luar biasa.

Menampilkan arsitektur grafis AMD RDNA 3.5 baru, prosesor ini dilengkapi dengan  grafis AMD Radeon 800M Series terbaru yang dirancang untuk memberikan frame rate yang lancar  dan pengalaman bermain game AAA.

  • Potensi untuk Aplikasi AI yang Beragam

Sebagai prosesor AMD Ryzen AI generasi ketiga, AMD Ryzen AI 300 series menghadirkan AI terdepan dan kinerja komputasi untuk PC CoPilot+ ultrathin dan premium. Selain itu, prosesor ini memiliki kemampuan untuk menangani berbagai tugas AI yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi AI, seperti pengenalan wajah, pemrosesan bahasa alami, dan analisis data besar.

  •  Daya Tahan Baterai Kuat

Prosesor ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan daya, sehingga dapat mengurangi panas dan konsumsi listrik.

Secara keseluruhan, AMD Ryzen AI 3000 Series merupakan pilihan yang kuat untuk aplikasi AI. Keunggulan-keunggulannya membuatnya menjadi opsi yang menarik bagi para pengembang dan pengguna yang membutuhkan kinerja tinggi untuk tugas-tugas AI.

Laptop Dengan Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series

Saat ini, di Indonesia prosesor AMD Ryzen AI 300 Series sudah tersedia di berbagai lini laptop gaming dan content creation seperti ASUS TUF A14 & A16, ASUS ROG Zephyrus G16, Asus Vivobook S 14, Asus Vivobook Pro Art, MSI Stealth A16, MSI Summit A16, Acer Swift 14  AI dan Lenovo Yoga PRO 7 yang sudah tersedia di pasaran.