Tidak lama lagi POCO Indonesia akan segera meluncurkan ponsel teranyar nya dari kelas menengah atas yakni, POCO F6. HP terbaru besutan POCO ini hadir dengan peningkatan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya, terutama pada performa nya yang kini hadir dengan prosesor high end.

Sebelum resmi meluncur, tim GadgetSquad berkesempatan untuk menjajal ponsel ini terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita mulai dari paket penjualan yang ditawarkan oleh ponsel ini.

Unboxing

Menyoal tampilan box nya, POCO F6 hadir dengan desain yang sederhana dan didominasi warna hitam serta kuning yang menjadi ciri khas warna poco sendiri. Sekedar info, unit yang kami uji ini berwarna hijau dengan konfigurasi RAM 12GB dengan ROM 512GB.

Pada saat membuka box, terdapat kartu ucapan terima kasih dari POCO yang bentuknya cukup unik sebagai pembatas buku. Kemudian, di dalam kotak kecil berwarna kuning terdapat SIM Ejector, manual book, kartu garansi,sticker ala poco, jelly case berwarna hitam, kabel Type C, dan head charger 90 Watt.

Hands-on

Yup, ini dia POCO F6 dengan varian warna Hijau. Menurut kami, warnanya hijau sendiri tidak terlalu mencolok yang masih sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan smartphone dengan warna kalem.

Di bagian belakang POCO F6 hadir dengan desain yang clean, minimalis dengan logo bertuliskan POCO dan 50 MP OIS di bagian kanan sebelah lensa kamera nya. Secara keseluruhan desain cover belakang dengan kamera utama nya masih sama dengan generasi sebelumnya. Bedanya, POCO F6 hanya memiliki dua kamera utama saja. Ya, absen nya kamera makro seperti yang ada di generasi sebelumnya kini digantikan dengan flashlight. 

Kesan pertama ketika memegang ponsel ini cukup nyaman saat kami genggam dengan ukurannya yang terbilang besar di 6.67 inci. Selain itu ponsel ini memiliki bentuk yang ramping dan cukup ringan dengan berat 179 gram dan ketebalan 8 mm.

Beralih pada bagian bawah terdapat grill speaker, port mic dan usb type c, dan slot Sim tray yang hadir dengan konfigurasi dual Nano SIM. Dengan hal tersebut, tidak ada ekspansi tambahan storage keran memang kapasitas ROM nya sendiri sudah sangat besar di 512GB. Kemudian pindah di sebelah kanan bodinya terdapat tombol power dan volume. Sedangkan di bagian atas terdapat port mic, IR Blaster dan grill speaker dengan total punya dual speaker.

POCO F6 hadir dengan sistem operasi MIUI terbaru yakni, Xiaomi HyperOS berbasis Android 14. Untuk penggunaan awal, storage yang terpakai sebesar 29 Gigaan dari kapasitas bawaan nya di 512 GB.

Jika diperhatikan, bezel di sekeliling layarnya sudah cukup tipis yang hampir merata di keempat sisinya. Dan menurut kami, hal ini sudah memberikan feel yang cukup baik. Apalagi layarnya juga sudah didukung dengan jenis panel AMOLED 1.5K (2712 x 1220 piksel) dan refresh rate tinggi 120 Hz yang akan memberikan pengalaman yang mulus saat scrolling antar aplikasi ataupun saat sedang bermain game. Sedangkan untuk keamanan layar nya sendiri, POCO F6 sudah dilapisi dengan corning Gorilla Glass Victus yang bisa melindungi layar dari goresan ataupun benturan.

Untuk mendongkrak performa nya, POCO F6 mengandalkan prosesor kelas high end dari Qualcomm yakni, Snapdragon 8s Gen 3 (4 nm) dengan dukungan RAM 12GB LPDDR5X dan ROM 512GB UFS 4.0. Menurut kami, perpaduan dari chipset kencang terbaru ini dengan konfigurasi RAM dan ROM yang ditawarkan akan membuat performa nya jadi semakin maksimal.

Kami juga sempat melakukan uji performa pada ponsel ini menggunakan aplikasi antutu Benchmark V.10.2. Seperti yang terlihat, POCO F6 bisa menunjukan performa nya dengan baik melalui hasil uji yang ada, skor hampir menyentuh angka di 1,5 juta ! Selebihnya, untuk test gaming dan yang lainnya, kami akan bahas pada artikel review nya nanti. 

Soal spesifikasi kamera, poco F6 hadir dengan membawa dua kamera utama yang terdiri dari kamera beresolusi 50 MP with OIS dan 8MP untuk lensa ultra wide nya. Selain dua kamera bagian belakang tadi, di bagian depan POCO F6 dibekali kamera dengan resolusi 20 MP, f/2.2, (wide) dengan model punch hole.

Bagi anda yang gemar membuat video vlog menggunakan smartphone, baik kamera depan ataupun kamera utama POCO F6 cukup bisa diandalkan untuk membuat konten video yang berkualitas. Ponsel ini mampu merekam video kamera dengan resolusi 1080P 60FPS menggunakan kamera depan, sedangkan menggunakan kamera belakang sanggup merekam hingga resolusi 4k 60fps.

Walaupun sama-sama memiliki kapasitas baterai 5000 mAh yang sama dengan generasi sebelumnya, peningkatan lainnya juga ada di Head Charger nya yang sekarang hadir dengan 90 Watt Turbo Charging.

Menurut kami, dengan spesifikasi yang ditawarkan POCO F6 sangat nyaman untuk digunakan penggunaan harian, seperti, bermain game,  penggunaan multitasking, ataupun untuk membuat konten foto dan video. Dari artikel hands-on ini semoga bisa jadi gambaran untuk kalian yang memang mencari rekomendasi ponsel baru di kelas high-end.

Harga

Belum diketahui harga dari smartphone ini akan dijual di tanah air. Bagi anda yang tertarik dengan ponsel kelas menengah atas yang satu ini, POCO F6 akan meluncur dalam waktu dekat.