GadgetSquad.ID – Waspada!! Yup pengguna hape Xiaomi wajib ekstra waspada. Pasalnya ada celah yang membuat, pengguna hape buatan Xiaomi rentang terhadap serangan keamanan.

Sebagaimana dilansir Gizmochina, celah keamanan ini mempengaruhi sistem UI Xiaomi, seperti MIUI dan HyperOS. Tak hanya itu, aplikasi default juga terkena dampak, seperti Gallery, Mi Video, dan Settings.

Merujuk sumber yang sama, disebutkan ditemukan 20 celah kerentanan di ponsel Xiaomi yang mengancam keamanan pengguna.

Bahayanya, jika sampai disalahgunakan, celah keamanan ini dapat menyebabkan kebocoran informasi sensitif. Bahkan hacker bisa mengendalikan hape Xiaomi korban dari jarak jauh.

Disebutkan, beberapa kerentanan bermula saat Xiaomi melakukan pembaruan (patching) terhadap aplikasi AOSP (Android Open Source Project).

Hal tersebut menunjukkan perlunya pengujian yang lebih menyeluruh dan langkah keamanan selama proses perbaikan dan pembaruan aplikasi maupun OS.

Masih dari sumber yang sama, pihak vendor sudah bergerak cepat mengatasi masalah tersebut. Xiaomi dikabarkan merilis pembaruan untuk menutup celah keamanan tersebut.

Tindakan Xiaomi tersebut, layak mendapat apresiasi. Artinya pengguna Xiaomi diharapkan segera melakukan update jika sudah mendapat pembaharuan.

Sebagai info berikut daftar aplikasi Xiaomi yang menyebabkan kerentanan keamanan:
1. Gallery (com.miui.gallery)
2. GetApps (com.xiaomi.mipicks)
3. Mi Video (com.miui.videoplayer)
4. MIUI Bluetooth (com.xiaomi.bluetooth)
5. Phone Services (com.android.phone)
6. Print Spooler (com.android.printspooler)
7. Security (com.miui.securitycenter)
8. Security Core Component (com.miui.securitycore)
9. Settings (com.android.settings)
10. ShareMe (com.xiaomi.midrop)
11. System Tracing (com.android.traceur)
12. Xiaomi Cloud (com.miui.cloudservice)