XL Axiata Siapkan Jaringan 5G dan 4G Untuk KTT G20 Bali (1)GadgetSquad.ID – XL Axiata kembali menambah amunisi buat pengguna rumahan yang selama ini menjadi pelanggan XL Satu. Perkenalkan ini dia Fiber to the Room (FTTR), yang menjanjikan internet yang tetap stabil dan kencang di semua ruangan.

Group Head Product Strategy XL Axiata Rendhita Istimarini Putri mengatakan layanan FTTR ini bisa menjadi solusi untuk pemilik rumah yang koneksi internetnya tidak merata karena terhalang dinding atau karena jarak antar ruangan yang terlalu jauh.

“Kalau yang biasanya dari fiber-nya hanya connect ke rumah lalu semuanya di-broadcast wireless ya, jadi mungkin teman-teman merasakan di ruangan-ruangan tertentu yang agak jauh dia akan speed-nya berbeda, atau nggak dapat sinyal malahan.”

Secara teknis teknologi FTTR akan menghubungkan kabel fiber ke semua ruangan di rumah. Teknologi ini merupakan peningkatan dari teknologi Fiber to the Home (FTTH) yang hanya menghubungkan kabel fiber ke satu rumah.

“Nah, kalau FTTR itu karena masing-masing ruangan dia sudah terkoneksi dengan fiber jadi layanannya experience-nya akan stabil dan coverage-nya atau sinyalnya akan sama di setiap ruangan,” tegas Rendhita Istimarini Putri.

Lebih lanjut Putri mencontohkan, jika konsumen sudah berlangganan paket broadband 100 Mbps, dengan layanan FTTR maka kecepatan di tiap-tiap ruangan tetap akan stabil di 100 Mbps.

Layanan FTTR sendiri akan menjadi layanan add-on yang bisa ditambahkan ke layanan XL Satu yang sudah dimiliki. Rendhita mengatakan proses pemasangannya sederhana karena cukup plug-and-play.