GadgetSquad.ID – Evolusi teknologi jika dimanfaatkan secara baik, memang bisa membantu kelancaran sebuah bisnis, termasuk usaha sewa kendaraan.

Mengikuti perkembangan zaman dan evolusi teknologi, penyedia jasa penyewaan kendaraan, kini juga sudah mulai menghadirkan aplikasi, untuk mempermudah konsumen.

Menurut data Presedence Research*, pada 2021, pasar rental mobil di dunia mencapai nilai bisnis sampai USD102.08 miliar. Mereka menganalisa, angka ini akan terus bertumbuh sampai 2030 yang mencapai USD186.59 miliar.

Data di atas seakan menjadi pijakan untuk hadirnya Zoomcar. Dirintis sejak Maret 2022, Zoomcar merupakan market place berbagi atau sewa kendaraan terkemuka di negara berkembang.

Dalam perjalanannya Zoomcar mengklaim telah memiliki lebih dari 250 armada, hasil kerja sama dengan mitra pemilik kendaraan atau yang mereka namai HOST.

Menurut Delly Nugraha, Country Head Zoomcar Indonesia, penyewa yang disebut Guest dan pemilik mobil yang disebut Host, bisa bertransaksi tanpa harus bertemu muka.

Penyewa dapat mengambil mobil yang ditentukan oleh Host, tarif yang berdasarkan durasi pemakaian dan jenis mobilnya. Semua bisa disepakati secara online melalui aplikasi Zoomcar.

“Mobil yang disewa bisa diatur pengambilannya, tergantung pilihan lokasi yang diberikan oleh Host kepada penyewa tanpa perlu tatap muka, lalu mengaktifkan mobil lewat aplikasi. Pun saat mobil dikembalikan, tanpa tatap muka. Tarif sewa juga ditentukan bergantung mobil yang dipilih dan durasi sewa tentunya memberikan nilai hemat,” jelas Delly.

Sebagai ilustrasi, Delly menjelaskan bahwa dengan uang 500.000-an, guest dapat menikmati sewa mobil tipe hatchback atau compact SUV untuk lebih dari 24 jam, tanpa deposit dan sudah dilengkapi dengan asuransi.

“Sementara di penyewaan konvensional, 500ribu ini untuk durasi kurang dari 24 jam, belum lagi musti bayar deposit dan persyaratan dokumen yang lumayan “ribet” diantaranya surat keterangan domisili dari RT setempat,” ungkap Delly lebih jauh.

Apa yang diberikan Zoomcar, memang nampak menggoda bagi pemilik maupun penyewa, tapi apa sejatinya keunggulan dari aplikasi berbagi kendaraan ini dibanding kompetitor?

Menjawab pertanyaan di atas, Delly menginfokan setidaknya ada 6 keunggulan utama yang jadi daya tarik Zoomcar.

“Ada 6 keunggulan utama Zoomcar yaitu tak ada batasan kilometer, lepas kunci, tanpa deposit, tak ada biaya ganti jadwal, pembatalan pun bisa dilakukan 6 jam sebelum sewa dimulai, dan tarif sewa mobil di Zoomcar mulai dari Rp14 ribu per jam,” papar Delly dalam keterangan resminya.

Dari sisi keamanan layanan, penyewa Zoomcar hanya perlu memfoto SIM mobil yang dimiliki, berikut eKTP dan foto selfie wajah. Durasi sewa pun bisa singkat atau selama dibutuhkan. Yang menarik, semakin lama mobil digunakan semakin hemat harga sewanya.

Saat ini ada beberapa penawaran khusus yang dihadirkan Zoomcar. Salah satunya konsumen Zoomcar bisa mendapatkan voucher diskon untuk menginap di Bobobox Kapsul dan Bobobox Cabin.

Ada voucher diskon Bobobox Hotel Rp25.000, Bobobox Hotel Rp30.000, dan diskon Bobobox Cabin sebesar Rp50.000