Ternyata Begini Hebatnya Prosesor Kirin 980 di Huawei Mate 20 Pro

0

GagdetSquad.id – Huawei telah menghadirkan koleksi Hp kelas atas yaitu Huawei Mate 20 Pro dan Mate 20, di pasaran Indonesia. Kedua Hp terbaru Huawei ini dibekali dengan prosesor Kirin 980, yang merupakan prosesor buatan Huawei sendiri.

Hebatnya Prosesor Kirin 980 di Hp Huawei Mate 20 Pro

Prosesor Kirin 980 merupakan chipset pertama di dunia yang diproduksi dengan teknologi 7nm dan diperkuat teknologi mobile AI yang mengagumkan. Huawei mengklaim dengan kombinasi antara Kirin 980 dan mobile AI, pengguna akan merasakan pengalaman menggunakan smartphone yang tak hanya pintar tapi mengerti kebutuhan penggunanya.

Baca juga : Ini Fungsi 3 Kamera Leica Yang Ada di Hp Huawei Mate 20 Series

Prosesor Kirin 980 dilahirkan dengan kombinasi lengkap CPU terbaru, GPU untuk mendongkrak grafis, dan dual-NPU yang mendorong teknologi kecerdasan buatan (AI) di smartphone. Formula ini telah melahirkan smartphone yang tak hanya memiliki kinerja luar biasa, tapi juga efisien.

Sebagaimana diketahui Hp Huawei Mate 20 Pro dan Mate 20 diperkuat triple camera di belakang yang memakai kombinasi lensa wide angle, lensa ultra-wide angle 16mm, dan lensa telephoto. Tiap-tiap lensa hadir dengan panjang fokus yang berbeda-beda, supaya pengguna punya lebih banyak kebebasan untuk merekam momentum terbaik. Tak hanya lebih lebar, tapi juga lebih dekat berkat kemampuan makro yang bisa memotret pada jarak 2,5 cm dari obyek.

Dengan susunan 6,9 miliar transistor dalam silikon mungil (1,6 kali kepadatan transistor pada chipset yang diproduksi dengan teknologi 10nm), prosesor Kirin 980 berhasil meningkatkan performa SoC sebesar 20 persen dan efisiensi daya baterai sebesar 40 persen. Hasilnya, Kirin 980 menghasilkan kinerja CPU 75 persen lebih baik dan efisiensi baterai 58 persen lebih baik dibandingkan Kirin 970.

Artinya, prosesor Kirin 980 akan membuat kedua Hp Huawei Mate 20 Pro dan Mate 20 mampu menangani beban kerja intensif tapi tetap efisien terutama dalam menangani pengunaan fotografi dan videografi.

Huawei telah mengintegrasikan image signal processor (ISP) generasi keempatnya ke dalam prosesor Kirin 980. Selain mampu meningkatkan pixel throughput sebesar 46 persen ketimbang pendahulunya. ISP baru itu juga lebih baik dalam mendukung konfigurasi multi-camera. Belum lagi teknologi reproduksi warna HDR yang terbaru untuk memanipulasi kontras gambar dalam rangka menyoroti obyek khusus dalam gambar.

Prosesor Kirin 980 juga menggunakan solusi pereduksi noise yang secara akurat menghilangkan noise tanpa menghilangkan detail gambar, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dalam skenario pencahayaan rendah. Pengguna akan menikmati hasil foto yang lebih jelas dan video yang lebih terlihat profesional.

Baca juga : Membuktikan Kemampuan Foto Malam Kamera Huawei Nova 3i, Ini Hasil Fotonya!

Fitur baru dalam ISP itu adalah motion tracking alias pelacak gerakan, yang sudah ditingkatkan. Ketika seseorang mencoba memotret obyek bergerak, ISP tetap bisa mengenali si obyek foto dengan akurasi sampai 97,4 persen. Untuk perekaman video, modul kamera dapat merekam dengan delay 33 persen lebih pendek.

Konektivitas adalah kunci untuk menghasilkan pengalaman fotografi dan videografi yang mumpuni. Untuk menghasilkan konektivitas yang cepat, supaya hasil foto dan video bisa segera dibagikan ke media sosial, Huawei membekali chipset-nya dengan modem pertama di dunia yang mendukung modul LTE Cat.21 dengan kecepatan downloadpuncak mencapai 1,4Gbps. Kirin 980 juga mendukung agregasi operator bahkan lintas pita frekuensi.

“Sebagai kesimpulan, dapat kami katakan bahwa Kirin 980 dan teknologi AI di dalamnya akan membuat pengalaman fotografi dan videografi dapat memenuhi tuntutan pengguna pada masa kini,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.