Review OPPO Enco – Harga Aman, Desain Nyaman, Suara Memuaskan

GadgetSquad.id – OPPO kembali menghadirkan perangkat earbuds terbarunya yaitu OPPO Enco. Ini melengkapi koleksi sebelumnya yang sudah dulu dijual di pasaran, antara lain OPPO Enco W11 dan Enco W51 .

OPPO Enco Buds earbuds earphone

OPPO Enco merupakan earphone  True Wireless Stereo terbaru yang tidak hanya mengunggulkan kenyaman desainnya, tapi juga berbagai fitur canggih di dalamnya. Ada sejumlah fitur unggulan yang dibawa perangkat earbuds terbaru ini, antara lain :

 

Desain Stylish, Nyaman, Tahan Air

Sama seperti kebanyakan perangkat earphone TWS lainnya, OPPO Enco tampil dikemas dalam sebuah kotak penyimpanan. Kotak yang juga berfungsi untuk melakukan charging ini tampil dengan desain yang terlihat minimalis dan terasa ergonomis.

Bentuk kotak penyimpan OPPO Enco berbentuk lonjong tanpa sudut sehingga terasa nyaman saat dipegang. Bahannya terbuat dari plastik glossy atau mengkilap atau glossy. Saat membuka kotak ini untuk mengambil Enco di dalamnya, terasa mudah. Ini karena engsel dari kotak ini memiliki magnet agar mudah saat ingin ditutup.

Kotak ini dilengkapi dengan port USB-C yang ada di bagian belakang. Port ini berguna ketika ingin melakukan charging earbuds. Selain itu juga disematkan lampu LED yang menampilkan warna berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Baca juga : Review OPPO Enco W11 Toys Story Edition – Earphone TWS 500 Ribuan

Beralih ke desain perangkat OPPO Enco -nya, terasa cukup ringkas dengan bentuk menyerupai bulatan. OPPO mendesain earbuds ini sedemikian rupa sehingga pas dengan lekukan telinga. Dan benar saja saat disematkan di telinga, OPPO Enco terasa pas dan nyaman.

Asyiknya lagi, OPPO menyediakan cadangan ujung karet silikon pada earbuds ini, dengan beberapa pilihan ukuran. Jadi kamu bisa menyesuaikan menggunakan karet silicon yang mana disesuaikan dengan besarnya lubang telinga.

Dengan bobot hanya 4 gram, OPPO Enco terasa begitu ringan di telinga. Apalagi juga tidak mudah terjatuh saat digunakan untuk aktivitas yang sangat aktif seperti berolahraga. Ini karena karet silikonnya mampu ‘mencengkram’ bagian lubang telinga dengan baik, asal ukurannya disesuaikan dengan ukuran lubang telinga masing-masing.

Asyiknya lagi, ternyata Enco juga sudah mengantungi sertifikasi IP54, ini berarti sudah tahan terhadap air maupun keringat. Jadi tidak perlu khawatir lagi saat kondisi gerimis atau kehujanan, earbuds ini tidak akan rusak kok.

 

Mudah Digunakan

Untuk pengoperasian OPPO Enco , terasa mudah. Caranya cukup dengan melakukan sentuhan pada bagian bodi earbuds ini yang sudah dilengkapi dengan sensor sensitif.

Misalnya untuk melakukan Play/Pause musik, cukup dengan menyentuh sekali pada bagian bodinya. Atau ketuk dua kali untuk mengganti lagu yang sedang didengarkan. Jika ada panggilan telepon masuk, maka cukup ketuk dua kali untuk menjawabnya. Begitu pula jika ingin mengakhiri panggilan telepon tersebut. Dan untuk mengaktifkan Mode Game, maka cukup dengan ketuk tiga kali.

Sedangkan untuk mengatur tingkat volume, caranya dengan tekan dan tahan area sensor pada bodi earphone yang kanan untuk meningkatkan volume. Dan untuk menurunkan tingkat volume, caranya  tekan dan tahan area sensor pada bodi earphone yang kiri. Ini menjadi keunggulan tersendiri dari Enco , karena tidak perangkat earphone TWS yang ada di pasar bisa melakukan hal ini.

Koneksi Cepat dan Mudah

Untuk terkoneksi dengan smartphone atau perangkat lainnya, Enco dilengkapi dengan koneksi Bluetooth 5.2. Salah satu keunggulan dari koneksi ini yaitu adanya sistem konektivitas binaural, dimana tiap earphone yang kanan dan kiri langsung mendapatkan koneksi audio dari perangkat sumber, misalnya dari smartphone. Ini membuat suara yang dikeluarkan earbuds ini terasa makin jernih dan jelas serta juga mengurangi gangguan latensi.

Baca juga : Review Earphone OPPO Enco W51 – Audionya Jernih, Detil dan nge-Bass Banget

Untuk mengkoneksikan Enco dengan perangkat lain, misalnya smartphone, terasa mudah dan cepat. Caranya cukup dengan membuka penutup kotak penyimpanan Enco , maka earphone ini siap melakukan pairing dengan perangkat lain. Lalu pada perangkat lain, misalnya smartphone, pada layar akan langsung menampilkan pesan notifikasi pairing Enco , tinggal setujui permintaan konektivitas tersebut.

Untuk penggunaan selanjutnya, lebih mudah lagi. Ini karena begitu membuka kotak penyimpanan earbuds ini, maka otomatis langsung terkoneksi dengan perangkat yang sebelumnya sudah pernah terkoneksi.

Suara Stereo Jernih

Saatnya mencoba kualitas suara dari OPPO Enco . Kami mencoba untuk memutar lagu Metallica ‘Enter Sandman’ versi konser orchestra, ini karena ingin mengetahui seberapa hebat earbuds ini dalam mengeluarkan berbagai jenis suara alat musik yang digunakan pada orchestra.

Dan ternyata, OPPO Enco mampu mengeluarkan suara orchestra dengan detil dan jernih. Termasuk dalam menyajikan alunan suara stereo yang seolah suara terdengar mengalir dari earbuds yang kiri ke kanan dan sebaliknya. Begitu juga dengan suara vocal, terdengar jelas. Dan tentunya dentuman suara bass begitu terdengar sehingga menambah keasyikan dalam mendengarkan music melalui OPPO Enco ini.

Dan yang membuat makin betah menggunakan OPPO Enco ini, yaitu baterainya mampu bertahan lama. Bagaimana tidak perangkat ini bisa tetap bertahan hidup hingga 24 jam sebelum akhirnya baterai habis.

 

Kesimpulan

Dijual dengan harga Rp599.000, OPPO Enco bisa menjadi pilihan dan andalan untuk mendengarkan music atau bermain game menggunakan earbuds. Mulai dari desainnya, fitur di dalamnya hingga performanya mampu memuaskan penggunanya.